Rabu 26 Aug 2015 16:55 WIB

Cara Membuat Telur Ala 'Poached' yang Mudah

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Saat dibelah bagian kuning telur ala 'poached' harus mengalir, pertanda belum matang benar alias setengah matang. Sajikan bersama daging asap dan tumisan sayur.
Foto: flickr
Saat dibelah bagian kuning telur ala 'poached' harus mengalir, pertanda belum matang benar alias setengah matang. Sajikan bersama daging asap dan tumisan sayur.

REPUBLIKA.CO.ID, Telur rebus merupakan makanan yang baik dan rendah kalori. Telur biasanya disiapkan dengan cara digoreng atau direbus untuk sarapan. Sedikit tambahan garam dan merica pada telur sudah cukup membuat makanan yang satu ini terasa nikmat.

Anda juga dapat menambahkan saus Lyonnaise Prancis atau saus Hollandaise ke atas telur. Tapi telur yang dimakan dengan cara ini umumnya telur yang direbus dengan membiarkan bagian kuningnya setengah matang atau populer dengan nama poached egg.

Membuat telur ala 'poached' ini tergolong mudah-mudah sulit. Dikutip dari Simplyrecipe, coba untuk membuatnya dengan metode ini.

Pertama, isi panci dengan air. Panaskan air pada suhu tinggi hingga mencapai didihan yang cukup dan gelembung mulai muncul di dalam panci yang berisi air, kemudian turunkan panas sampai air berkurang golakan mendidihnya.

 

Kemudian pecahkan telur ke dalam mangkuk kecil. Tempatkan mangkuk dekat dengan permukaan air panas dan dorong telur ke air yang sudah mendidih sebelumnya.

Matikan api dan tutup panci. Atur waktu selama empat menit. Pada titik ini putih telur harus benar-benar matang, sedangkan kuning telur masih berair.

Perhatikan bahwa waktu bergantung pada ukuran telur. Setelah empat menit angkat telur dari panci lalu tempatkan di piring.

Telur ala 'poached' ini paling nikmat disantap dengan sayur yang ditumis dengan mentega dan sedikit bawang putih. Taburkan garam dan lada di atas telur rebus yang kuningnya setengah matang. Santap bersama roti yang dipanggang.

Hidangan pagi Anda langsung berubah mewah, hanya dengan sedikit usaha.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement