Rabu 01 Feb 2023 05:00 WIB

Asam Urat Kambuh Biasanya Setelah Santap 3 Jenis Makanan Ini

Jauhi tiga makanan ini untuk hindari kekambuhan asam urat alias gout.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Makanan di rumah makan padang legendaris, Surya, di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (12/1/2023). Makanan berpurin tinggi dapat dianggap sebagai faktor risiko serangan gout.
Foto:

Mengenal gout

Seperti dilansir Frontiers, gout merupakan jenis peradangan arthritis yang paling umum di dunia. Menurut beragam studi, prevalensi gout berkisar antara kurang dari satu persen hingga 6,8 persen. Data epidemiologi mengindikasikan bahwa kasus gout terus meningkat di berbagai belahan dunia.

Pada sebagian besar kasus, gejala gout hanya berpusat pada sendi bunion ibu jari kaki. Gejala ini bisa berupa nyeri yang hebat, rasa panas, atau nyeri bila area terdampak disentuh.

Obat antiperadangan nonsteroid biasanya diberikan kepada pasien untuk meredakan gejala. Namun, selain obat, pasien gout juga sangat dianjurkan untuk melakukan perubahan gaya hidup agar terhindar dari serangan atau kekambuhan di masa mendatang.

Salah satu upaya pencegahan kekambuhan gout yang direkomendasikan Arthritis Health adalah menghindari alkohol. Arthritis Health juga menganjurkan pasien gout untuk banyak minum air putih, mengurangi berat badan berlebih atau menjaga berat badan yang sehat, serta mengobati gangguan apnea tidur bila ada.

Penting juga bagi pasien gout untuk menghindari makanan yang dapat menjadi pemicu, seperti makanan laut, daging merah, jeroan, serta makanan atau minuman bergula.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement