Senin 30 Jan 2023 16:48 WIB

Kesulitan Dapatkan Momongan? Coba Cek, Bisa Jadi Kesuburan Suami Penyebabnya

Gangguan kesuburan pada pria kerap tak menimbulkan gejala.

Memeluk kaki bayi (ilustrasi). Ada banyak penyebab gangguan kesuburan baik pada pria maupun wanita.
Foto:

Kiat nutrisi

Untuk mengatasi masalah kesuburan, Prof Budi memaparkan bahwa terdapat sejumlah makanan yang baik untuk dikonsumsi. Protein hewani hingga buah-buahan yang mengandung antioksidan termasuk yang direkomendasikan.

"Studi banyak melaporkan bahwa diet-diet dengan tinggi protein, protein hewani terutama, misalnya ikan, putih telur, susu, itu baik untuk masalah kesuburan. Kemudian antioksidan dari buah-buahan yang berwarna merah, oranye, kuning, hijau, itu tinggi antioksidan," jelas Budi.

Mikronutrien yang lain juga dibutuhkan. Misalnya vitamin D, asam folat, zinc, dan kalsium juga.

"Itu adalah zat-zat yang sangat baik terhadap kualitas sel telur, maupun kualitas sperma," kata Prof Budi.

Tak hanya itu, Prof Budi juga menganjurkan agar masyarakat menerapkan gaya hidup yang sehat. Hindari rokok dan alkohol karena keduanya sangat berdampak buruk bagi kualitas sel telur maupun sperma.

Bahkan, beberapa bidang pekerjaan juga perlu berhati-hati karena bisa menyebabkan gangguan kesuburan. Misalnya seseorang yang sering terpapar suhu tinggi seperti pemanggang roti hingga bekerja di bagian radiologi.

"Obat-obatan tertentu juga dapat memengaruhi kesuburan, jenis-jenis kemoterapi juga tidak baik untuk sel telur dan sperma," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement