Kamis 26 Jan 2023 21:31 WIB

Kesalahan Konyol Ketika Tidur yang Memicu Timbulnya Jerawat

Anda akan terkejut mengetahui beberapa kesalahan saat tidur bisa menyebabkan jerawat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Kesalahan konyol ketika tidur yang dapat menimbulkan jerawat. ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Kesalahan konyol ketika tidur yang dapat menimbulkan jerawat. ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan sehari-hari bisa berpengaruh pada timbulnya jerawat. Tidur yang tidak benar, termasuk pada kebiasaan yang bisa memicu masalah kulit tersebut.

Pakar kulit dan rambut sekaligus pendiri Deyga Organics, Arthi Raguram, menjelaskan bahwa pada malam hari, kulit menyembuhkan dan memperbaiki diri serta menyerap semua manfaat dari produk skincare yang digunakan. "Namun, untuk memaksimalkan efek ini, Anda harus memastikan tidur dengan cara yang benar untuk mencegah jerawat. Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa beberapa kesalahan konyol saat tidur dapat menyebabkan jerawat dan merusak kondisi kulit Anda," katanya Arthi.

Baca Juga

Untuk lebih jelasnya, berikut lima kesalahan saat tidur yang bisa memicu jerawat seperti dilansir India Today, Kamis (26/1/2023).

1. Menggunakan sarung bantal yang kotor

Tidak banyak yang mengetahui hal ini, tapi sarung bantal adalah tempat berkembang biak bagi bakteri dan segala macam kotoran dan kuman. Semua partikel-partikel kotor ini berpindah ke kulit ketika Anda tidur di atas sarung bantal yang tidak bersih. Jadi, gantilah sarung bantal setiap pekan, dan yang terbaik adalah menggunakan sarung bantal berbahan satin untuk menghindari gesekan pada kulit.

2. Tidak menggunakan penghapus makeup

Setelah lelah beraktifitas, kadang kita lupa menghapus semua riasan sebelum tidur. Jika Anda tetap menggunakan makeup sepanjang malam, itu akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, dalam jangka panjang, tidur dengan riasan di wajah dapat merusak kesehatan kuli. Jadi, pastikan selalu menggunakan penghapus riasan atau makeup remover (micellar water) untuk menghapus makeup. Lakukan metode double cleansing atau dua kali pembersihan jika menggunakan riasan tebal secara teratur.

3. Memakai minyak pada rambut sebelum tidur

Jika Anda tidur dengan kulit kepala berminyak, itu bisa memicu timbulnya jerawat. Orang dengan kulit berminyak harus menghindari penggunaan minyak rambut sepanjang malam untuk mencegah timbulnya jerawat.

Minyak terkadang merembes dari kulit kepala dan sebum yang berlebih menyebabkan jerawat. Jika Anda berencana untuk menutrisi rambut dengan minyak rambut, biarkan selama dua hingga tiga jam dan bersihkan dengan sampo yang lembut.

4. Menggunakan handuk wajah yang belum dicuci

Handuk yang kotor juga berdampak pada timbulnya jerawat. Pastikan untuk menggunakan handuk baru untuk menyeka wajah, karena handuk yang kotor dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan komedo hitam, komedo putih, dan jerawat. Selain itu, pastikan wajah diseka dengan pelan sehingga tak membuat kulit iritasi.

5. Tidur dengan posisi tengkurap

Pola tidur sangat penting untuk mencegah jerawat. Ketika tidur tengkurap, wajah secara langsung menyentuh sarung bantal dan sprei yang kotor. Tidur seperti ini sepanjang malam bisa berbahaya bagi kulit karena ada gesekan konstan antara kulit dan kain.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement