Selasa 24 Jan 2023 03:58 WIB

Agar tak Lelah Ketika Bangun Tidur, Lakukan Langkah Ini

Setelah bangun tidur, apakah Anda merasa segar atau justru malah kelelahan?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Cara agar bangun tidur terasa lebih segar. (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Cara agar bangun tidur terasa lebih segar. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang Anda rasakan ketika bangun tidur? Apakah Anda merasa segar atau justru malah kelelahan? Jangan khawatir, seorang konsultan psikolog kesehatan, dr Sue Peacock, berbagi tips agar ketika bangun tidur Anda merasa segar.

1. Hindari menekan tombol tunda di alarm

Baca Juga

Menurut dia, ketika seseorang dipaksa bangun karena alarm berbunyi, otak pada dasarnya berada di antara keadaan tidak sepenuhnya bangun, atau sepenuhnya tertidur. "Ini menghasilkan perasaan grogi dan lelah yang dapat berlangsung dari beberapa menit hingga beberapa jam (ini dikenal sebagai inersia tidur)," ujarnya seperti dilansir laman Express, Senin (23/1/2023).

Dr Peacock mengatakan, menekan tombol tunda di alarm dapat semakin meningkatkan tingkat kelelahan. Untuk membantu meminimalisasi risiko pening pada pagi hari, dr Peacock menyarankan untuk tidak menggunakan tombol snooze atau tunda.

 

"Hindari menyetel alarm Anda pada 'tunda'. Bangun dari tempat tidur segera setelah Anda bangun. Anda akan melatih dirimu untuk langsung bangun dari tempat tidur," jelasnya.

2. Membiarkan cahaya masuk

Dr Peacock merekomendasikan Anda agar membiarkan cahaya masuk pada pagi hari jika memungkinkan. "Kamar yang gelap dan redup mengundang untuk tidur, tetapi menjadi masalah jika Anda kesulitan bangun dari tempat tidur dalam kegelapan," ujarnya.

Begitu Anda bangun, nyalakan lampu atau buka tirai untuk mengundang cahaya terang ke kamarmu. "Ini bisa membantumu merasa lebih waspada dan terjaga," kata dia.

3. Meningkatkan kadar vitamin D

Dr Peacock memiliki tiga tips berguna lainnya untuk merasa segar saat bangun pada siang hari. Salah satunya adalah tetap mengonsumsi suplemen vitamin D harian, yang dapat membantu menjaga tingkat energi Anda.

4. Rutin olahraga

Dia mengatakan, agar bangun pagi hari badan terasa segar bisa juga dilakukan dengan rutin berolahraga. "Mungkin juga bermanfaat untuk berpegang pada rutinitas olahraga, yang dapat mencakup berjalan-jalan di luar, yang dapat meningkatkan kualitas tidur," kata dia. Dengan memiliki kualitas tidur yang lebih baik, kemungkinan bangun dengan perasaan segar akan meningkat.

5. Mengurangi screen time

Kiat terakhir dr Peacock adalah mengurangi waktu layar sebelum tidur. Pasalnya, cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel dan laptop dapat memengaruhi siklus tidur atau bangun Anda.

"Penting untuk mencoba menghindari penggunaan perangkat Anda setidaknya satu jam sebelum tidur," ujarnya. Ini akan membantu Anda tidur lebih nyenyak lebih lama dan Anda akan merasa lebih segar pada pagi hari.

Ilmuwan di University of California, Berkeley, merekomendasikan untuk memperhatikan tiga area yakni tidur, olahraga, dan sarapan. Peneliti menganalisis perilaku 833 orang, selama periode dua pekan. Mereka menemukan, rahasia kewaspadaan adalah tidur lebih lama hingga pagi hari. Dua faktor penting lainnya adalah sarapan tinggi karbohidrat kompleks dan berolahraga pada hari sebelumnya. Temuan penelitian ini dipublikasikan di jurnal Nature Communications. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement