Kamis 26 Jan 2023 11:02 WIB

Episode 2 The Last of Us: Jakarta Kunci Infeksi, Christine Hakim Jadi Pakar Jamur

Tayang di HBO, The Last of Us diadaptasi dari game dengan judul yang sama.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Di The Last of Us, aktris senior Christine Hakim berperan sebagai Prof Ratna ahli mikologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang jamur. Dia dimintai bantuannya untuk memeriksa jenazah seseorang yang terinfeksi jamur cordyceps.
Foto:

Asal infeksinya pun sebagian besar tidak berubah dalam film adaptasi game ini, yakni dengan The Last of Us episode dua mengungkapkan bahwa penduduk Jakarta pertama yang terinfeksi berasal dari pabrik tepung dan biji-bijian di kota tersebut. Namun, satu perubahan besar muncul dalam penggunaan Jakarta itu sendiri.

Dalam game Last of Us, tanaman yang terinfeksi dikisahkan berasal dari Amerika Selatan. Pergeseran episentrum asal infeksi dari Amerika Selatan ke Asia memberikan perubahan lebih lanjut dari alur cerita infeksi, mengikuti pengungkapan pemanasan global di episode satu.

Perubahan ini, meskipun tampaknya tidak penting, sebenarnya sangat masuk akal. Alasan untuk ini berasal dari asal-usul jamur cordyceps dunia nyata yang menjadi dasar infeksi The Last of Us. Dalam kehidupan nyata, jamur cordyceps sebagian besar ditemukan di Asia. Mayoritas dari 600 spesies yang dideskripsikan berasal dari benua tersebut.

Hal ini membuat wabah infeksi otak cordyceps yang berasal dari Jakarta jauh lebih masuk akal daripada asal-usul dalam cerita game, Amerika Selatan. Sebab, negara Asia, seperti Indonesia, jauh lebih mungkin untuk mengalami versi mutasi dari jamur yang banyak ditemukan di sana.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement