Kamis 26 Jan 2023 04:10 WIB

Leher Kakunya Ditangani Chiropractor Hingga Bunyi 'Krek', Perempuan Ini Kena Strok

Berharap leher kakunya sembuh, perempuan AS kena strok usai ditangani Chiropractor.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Mariah Bond (29 tahun) menderita strok setelah lehernya ditekuk ke kanan-kiri hingga berbunyi krek oleh chiropractor.
Foto:

Apa saja gejala strok?

Di AS, metode FAST dikenal sebagai deteksi dini strok, yaitu singkatan dari face, arms, speech, time (wajah, lengan, bicara, dan waktu). FAST adalah cara termudah untuk mengingat gejala strok yang paling umum.

photo
Deteksi gejala stroke dengan metode FAST - (Republika)

F  = wajah terkulai. Jika salah satu sisi wajah seseorang tampak turun atau mati rasa, coba minta mereka untuk tersenyum. Jika bibirnya tampak tidak rata maka Anda harus mencari bantuan.

A  = kelemahan lengan. Jika salah satu lengan seseorang lemah atau mati rasa, coba meminta orang itu untuk mengangkat kedua lengannya. Kalau satu lengannya menjuntai ke bawah, maka Anda mungkin perlu mencari bantuan.

S  = kesulitan berbicara. Jika ucapan seseorang tidak jelas, maka ini bisa menjadi tanda strok.

T  = memanggil petugas medis. Jika seseorang memiliki tanda-tanda di atas, maka Anda perlu menelepon petugas medis untuk mencarikan perawatan darurat.

Gejala lain dari strok termasuk kelemahan tiba-tiba atau mati rasa di satu sisi tubuh, kesulitan menemukan kata-kata, penglihatan kabur tiba-tiba atau kehilangan penglihatan, dan kebingungan yang mendera tiba-tiba. Pusing atau goyah, sakit kepala yang tiba-tiba dan parah, kesulitan memahami apa yang dikatakan orang lain, dan kesulitan menelan juga dapat menjadi pertandanya.

Jika salah satu dari gejala ini terjadi kurang dari beberapa jam, Anda mungkin menderita transient ischemic attack (TIA). Serangan ini, yang terkadang dikenal sebagai strok ringan, menunjukkan adanya masalah dengan suplai darah ke otak.

Penting untuk menghubungi dokter umum atau rumah sakit jika mengalami gejala ini. Sebab, gejala tersebut dapat meningkatkan risiko strok dalam waktu dekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement