Ahad 22 Jan 2023 15:39 WIB

Sinematografer Rust Tewas Tertembak, Mickey Rourke Sebut Alec Baldwin tak Patut Dituntut

Sinematografer film Rust, Halyna Hutchins, tewas di lokasi syuting akibat tertembak.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Iron Man 2, Mickey Rourke. Menurut Rourke, Alec Baldwin tak seharusnya digugat atas insiden tewasnya sinematografer film Rust.
Foto:

Baldwin disebut tidak punya alasan untuk percaya bahwa ada peluru tajam di senjata yang dipegangnya, atau di mana pun di lokasi syuting. Dia mengandalkan para profesional yang bekerja dengannya, karena telah diyakinkan bahwa pistol itu tidak memiliki peluru tajam.

"Kami akan melawan ini, menuntut, dan kita akan menang," kata pengacaranya.

photo
Foto sinematografer Halyna Hutchins terpajang dalam acara peringatan kematiannya, Sabtu (23/10). Hutchins meninggal setelah tertembak senjata properti film Rust yang dipegang aktor Alec Baldwin. - (AP)

Screen Actors Guild - American Federation of Television and Radio Artists juga membela Baldwin atas tuduhan tersebut. Agensi menyatakan bahwa pekerjaan seorang aktor bukanlah menjadi ahli senjata api atau senjata.

Senjata api disediakan untuk penggunaan di bawah bimbingan beberapa pakar profesional yang langsung merespons, mungkin untuk pengoperasian senjata api yang aman dan akurat. Jaksa Wilayah Peradilan Pertama New Mexico Mary Carmack-Altwies, yang mengumumkan dakwaan terhadap Baldwin dan Gutierrez-Reed, berpendapat sebaliknya.

Dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, jaksa menyatakan adalah kewajiban bagi siapa pun yang memegang senjata harus memastikan atau mengetahui apa isi pistol tersebut. Tentu saja untuk tidak mengarahkannya pada seseorang dan menarik pelatuknya.

"Di situlah tanggung jawab aktornya, menurut kami," kata Carmack-Altwies.

Carmack-Altwies juga menekankan bahwa Baldwin juga merupakan produser, dan setidaknya penanggung jawab atas kondisi di lokasi syuting. Adapun pengacara Gutierrez-Reed mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan "mengungkap kebenaran sepenuhnya. Pihaknya akan berjuang agar Baldwin dibebaskan dari tuntutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement