Sabtu 21 Jan 2023 03:09 WIB

Lucid Dream Juga Bermanfaat untuk Hadapi Dunia Nyata

Lucid dream juga disebut mimpi nyata.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Tidur (ilustrasi). Saat mengalami lucid dream, orang bisa mengendalikan mimpinya saat tidur.
Foto:

Membantu meredakan kecemasan

Pemahaman yang lebih baik tentang alam bawah sadar dapat membantu Anda mengatasi "alasan" di balik kecemasan dan mengungkap penyebab stres tidak diketahui yang dapat mengganggu tidur Anda atau memicu mimpi buruk.

Membantu berlatih dan meningkatkan keterampilan motorik

Melatih keterampilan atau gerakan fisik secara mental di siang hari atau saat bermimpi jernih dapat meningkatkan kemampuan fisik seperti rentang gerak Anda. Hal itu terutama jika Anda hidup dengan disabilitas fisik.

Meningkatkan kepercayaan diri

Mampu mengendalikan apa yang Anda lakukan dan yang terjadi di sekitar dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Memimpikan Anda dapat melakukan apa saja atau menjadi siapa pun yang diinginkan, mulai dari terbang melintasi lautan hingga menjadi Presiden Amerika Serikat, dapat memberi kepercayaan diri untuk mengambil langkah-langkah yang mungkin tampak mustahil dalam kehidupan nyata.

Namun, hal yang perlu diingat bahwa lucid dream pada akhirnya dapat mengubah pola tidur yang biasa. Berhenti mencoba bermimpi jernih mungkin membantu jika mulai merasa lelah atau tidak fokus di siang hari.

Hentikan juga jika Anda mulai kesulitan membedakan antara kenyataan dan alam mimpi. Konsultasikan pula dengan ahli jika merasa ada suatu masalah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement