Kamis 19 Jan 2023 04:00 WIB

Minum Metformin, Diabetesi Berisiko Kena Efek Samping Kalau Konsumsi 3 Suplemen Ini

Minum metformin, pengidap diabetes perlu berhati-hati dalam mengasup suplemen.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan memegang aneka suplemen (ilustrasi). Ada efek samping yang mungkin timbul, diabetesi perlu berhati-hati akan interaksi obat metformin dengan suplemen tertentu.
Foto:

Sementara itu, asupan St John's wort pada diabetesi yang minum metformin dapat meningkatkan toleransi glukosa dengan meningkatkan sekresi insulin secara independen dari sensitivitas insulin. Di sisi lain, St John's Wort bisa sangat berbahaya jika Anda merupakan pengidap diabetes mengonsumsi obat pengencer darah.

Lalu, niasin dapat memengaruhi manajemen diabetes dengan meningkatkan kadar glukosa darah saat puasa bagi pengidap diabetes. Niasin juga dapat mengurangi efektivitas metformin. dan obat diabetes lainnya.

ADA menyebut risiko kesehatan mengonsumsi niasin lebih besar daripada manfaatnya. Lantaran metformin dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12, orang cenderung melakukan tes darah rutin untuk memeriksa kemungkinan kekurangan vitamin.

Jika hal ini terjadi, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12. Tenaga kesehatan profesional akan memberi tahu jika hal ini akan bermanfaat bagi Anda berikut jumlah yang harus dikonsumsi. Sebelum mengonsumsi suplemen jenis apa pun, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement