Sabtu 14 Jan 2023 08:36 WIB

Telan Belatung di Makanan Secara tak Sengaja, Apakah Berbahaya?

Makanan yang terpapar binatang seperti belatung dan tikus bisa menjadi serius.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Dampak tak sengaja mengonsumsi makanan yang ada belatung. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Dampak tak sengaja mengonsumsi makanan yang ada belatung. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,m JAKARTA -- Pernahkah Anda melihat makanan yang ada belatung? Atau bahkan pernah tak sengaja menyantapnya? 

Belatung terkadang ditemukan di sekitar makanan maupun akibat terkontaminasi. Begitu juga serangga, bahkan tikus, yang sering ditemukan di rumah, bisa mengenai makanan.

Baca Juga

Ahli gizi DR dr Tan Shot Yen mengatakan, masalah makanan yang terpapar binatang bisa menjadi serius. Hal itu karena binatang-binatang tersebut meninggalkan "jejak". Jejak yang dimaksud yaitu berupa penyakit.

“Seperti tikus menyebabkan leptospirosis. Makanan yang dihinggapi larva (belatung), jamur dan sebagainya, artinya bukan makanan sehat lagi tapi sudah busuk,” kata dr Tan Shot Yen, Jumat (13/1/2023).

 

Pembusukan makanan menghasilkan toksin atau racun, salah satunya botulinum toksin atau aflatoksin yang bisa menyebabkan gejala keracunan hingga kematian. Dokter Tan merujuk gejala dan pencegahan leptospirosis yang bisa ditularkan melalui kencing tikus.

Menurut laman upk.kemkes.go.id, gejala penyakit leptospirosis yang dapat dirasakan oleh pasien yang terjangkit, bisa berupa demam mendadak, lemah, mata merah, kekuningan pada kulit, sakit kepala dan nyeri otot betis. Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala leptospirosis seperti yang telah disebutkan agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari para petugas kesehatan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement