Jumat 13 Jan 2023 19:41 WIB

Ramai di TikTok, Tren Kesehatan Usus Ini tak Perlu Diikuti

Influencer di TikTok ramai membagikan foto sebelum-setelah perutnya rata.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan memegang perutnya (Ilustrasi). Di TikTok, ramai video yang mempromosikan cara memperbaiki kesehatan usus untuk mendapatkan perut rata.
Foto: www.pixahive.com
Perempuan memegang perutnya (Ilustrasi). Di TikTok, ramai video yang mempromosikan cara memperbaiki kesehatan usus untuk mendapatkan perut rata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di TikTok sedang marak pembicaraan soal kesehatan usus sampai tagar #guttok memiliki hampir 728 juta tampilan di aplikasi. Banyak influencer mengatakan kesehatan usus yang baik adalah kunci perut rata, peningkatan mood, dan banyak lagi.

Tapi, berapa banyak dari klaim ini yang sebenarnya berakar pada sains? Isu kesehatan usus tersebut ramai di TikTok karena pemasaran.

Baca Juga

Banyak dari klaim ini mengejutkan. Para influencer menampilkan cepatnya perbaikan yang mereka capai.

Banyak sekali video kesehatan usus paling populer yang menggambarkan foto perbandingan drastis kondisi "sebelum dan sesudah", dari perut buncit menjadi perut rata dan kencang. Dengan kata lain, kesehatan usus mungkin merupakan cara baru untuk memasarkan tip penurunan berat badan, yang sejalan dengan diet berlebihan.

 

Alih-alih menghitung kalori dan minum jus hijau untuk mengurangi lemak perut, beberapa TikToker tampaknya mempromosikan penggunaan minyak kelapa dan jahe untuk mengatasi perut kembung. Ramuan sederhana ini menarik bagi banyak orang, tetapi sebetulnya memperbaiki masalah gastrointestinal (GI) tidaklah mudah.

"Usus sangat kompleks, para ilmuwan berada di puncak gunung es dalam hal mencari tahu bagaimana kesehatan dan usus kita terhubung," ujar ahli diet, Abby Langer seperti dilansir dari laman Today, Jumat (13/1/2023).

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement