Jumat 13 Jan 2023 14:47 WIB

Gitaris Jeff Beck Wafat Setelah Ketularan Meningitis Bakterialis, Seperti Apa Gejalanya?

Meningitis bakterialis dapat menyerang semua kelompok usia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Gitaris Inggris Jeff Beck tampil di aula Stravinski dalam Festival Jazz Montreux ke-41 di Montreux, Swiss, 15 Juli 2007 (diterbitkan ulang 12 Januari 2023). Gitaris legendaris Inggris Jeff Beck telah meninggal pada 10 Januari pada usia 78 tahun setelah tertular meningitis bakteri, kata keluarganya dalam sebuah pernyataan pada 11 Januari 2023.
Foto:

Ruam klasik yang terkait dengan meningitis biasanya tampak seperti tusukan peniti kecil berwarna merah pada awalnya. Namun, itu akan menyebar ke seluruh tubuh dan berubah menjadi bercak merah atau ungu.

"Jika Anda menekan sisi gelas dengan kuat ke kulit di mana ruam itu berada dan mendapatinya tidak memudar, itu adalah tanda keracunan darah dan Anda harus segera mendapatkan pertolongan medis," ujarnya.

Meningitis Research Foundation telah memperingatkan gejalanya dapat dengan mudah disalahartikan sebagai mabuk. Badan amal itu menyerukan masyarakat untuk memperhatikan gejala tersebut pada keluarga dan teman selama musim dingin, ketika penyakit itu lebih umum.

Rata-rata kasus meningitis bakteri terjadi tiga kali lipat pada bulan Januari dibandingkan dengan bulan September. Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan kasus jenis yang sangat mematikan di kalangan remaja dan dewasa muda di Inggris.

Tingkat kematian adalah 12 persen dibandingkan dengan sekitar lima persen untuk jenis meningitis lainnya. Pada bayi, gejalanya bisa sedikit berbeda.

Bayi mungkin menolak untuk makan, gelisah, dan tidak mau diangkat. Bayi memiliki titik lemah menonjol di kepala mereka, menjadi lunglai dan tidak responsif, memiliki tangisan bernada tinggi yang tidak biasa, serta memiliki tubuh yang kaku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement