Kamis 12 Jan 2023 20:04 WIB

Amora Lemos Berhasil Turunkan Berat Badannya, Apa Bahaya Obesitas Bagi Anak?

Anak Krisdayanti-Raul Lemos, Amora Lemos, turun bobot 10 kg dalam tiga bulan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Krisdayanti (kanan) dan putrinya Amora Lemos. Berdasarkan kemauannya sendiri, Amora menurunkan berusaha berat badannya dengan menjalani diet sehat.
Foto:

Pada anak, sebenarnya tidak terlalu dipaksakan dalam menurunkan berat badan. Adanya pertambahan tinggi badan juga akan membuat indeks massa tubuh menjadi normal nantinya.

Akan tetapi, hal yang perlu ditekankan adalah pemberian makanan sehat. Gantilah asupan yang minim gizi dengan makanan lebih baik.

"Kita tidak paksa harus diet, biasanya memberikan makanan yang lebih baik. Misalnya anak suka sekali es krim, kita kurangi, kalau tadinya setiap hari jadi dua kali dalam sepekan, sisanya dikasih makanan sehat," kata dr Inge.

Beri anak makanan pengganti yang mengenyangkan tetapi sehat. Tentunya bukan makanan yang ditambah gula dan upayakan tidak digoreng.

Selain itu, ajak anak untuk lebih aktif bergerak. Jika biasanya hanya bermain pasif, bisa coba diajak untuk lebih aktif bergerak.

"Orang tua perlu mementingkan pertumbuhan tinggi badan, perbaiki makanan, dan tambahkan aktivitas fisik pada anak," ujar dr Inge.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement