Selasa 10 Jan 2023 21:34 WIB

Jadikan Menari Sebagai Latihan Fisik, Efektif Nggak Ya Buat Jaga Kebugaran?

Ada banyak latihan tari yang berbeda untuk disesuaikan dengan kemampuan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Instruktur zumba memimpin latihan secara daring di sebuah tempat kebugaran di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/4/2020). Ada tarian yang menggabungkan kekuatan dan kardio, dengan hasil akhir meningkatkan kekuatan, kekencangan, dan kelenturan otot.
Foto:

Namun, saat berolahraga, konsistensi sangat penting. Supaya bisa tetap konsisten, orang butuh motivasi kuat untuk melakoninya. Itu akan membuatnya menikmati latihan dan kemungkinan besar bisa melanjutkannya untuk jangka panjang.

Untuk menumbuhkan motivasi, seseorang bisa mengikuti kelas tari bersama teman. Bisa juga dengan menjalin pertemanan baru di kelas kebugaran berbasis tarian yang tersedia di sekitar.

Di sisi lain, tidak masalah juga apabila lebih nyaman melakukannya di rumah dengan menyimak Youtube. Seperti halnya kelas olahraga apa pun, selalu ada risiko cedera saat melakukan latihan menari. Saran dari MacPherson adalah tidak melakukan terlalu cepat atau berlebihan.

"Pastikan tetap pada gerakan dasar, mungkin perlu istirahat sehari di antara latihan tari yang sangat intens. Tapi, secara keseluruhan, menari adalah aktivitas berisiko rendah yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement