Jumat 06 Jan 2023 05:00 WIB

Serupa Covid-19, TBC Juga Menular Melalui Droplet

Berbeda dengan Covid-19, ketularan TBC sekarang, sakitnya bisa setahun kemudian.

Batuk (Ilustrasi). TBC yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis ditularkan melalui drolet saat penderita batuk.
Foto:

Anak kecil yang terinfeksi TBC, menurut Dimas, mengindikasikan bahwa terjadi transmisi lokal bakteri tersebut. Hal itu mengingat droplet yang berisi bakteri TBC dapat menetap di udara selama minimal empat jam.

"Anak kecil kalau sampai sakit TBC dapatnya dari orang yang sakit TBC, paling sering adalah orang dewasa. Jadi, kalau ada anak sakit TBC itu amat sangat jarang menular ke anak kecil yang lain, tapi dapatnya dari orang dewasa," kata Dimas.

Pemerintah terus mendorong eliminasi TBC dari Tanah Air. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada November 2022 menargetkan mulai awal tahun ini pemeriksaan TBC harus mencapai 60 ribu kasus per bulan untuk mendukung eliminasi TBC pada 2030.

Pemeriksaan perlu ditingkatkan mengingat lajunya yang masih rendah. Menurut data Kemenkes, dari target 969 ribu angka insiden TBC pada 2021, baru 50-60 persen atau sekitar 500-600 ribu kasus yang ditemukan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement