Kamis 05 Jan 2023 12:24 WIB

Ria Ricis-Teuku Ryan Bawa Bayi Naik Jet Ski, Dokter: Berbahaya dan tak Bikin Anak Senang!

Ria Ricis-Teuku Ryan mengajak bayinya yang berusia enam bulan naik jet ski.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Dalam unggahan foto di Instagram, Ria Ricis dan Teuku Ryan memperlihatkan aktivitas berliburnya bersama Moana (tujuh bulan). Mereka naik jet ski.
Foto: Tangkapan layar Instagram
Dalam unggahan foto di Instagram, Ria Ricis dan Teuku Ryan memperlihatkan aktivitas berliburnya bersama Moana (tujuh bulan). Mereka naik jet ski.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Prof Dr dr Rini Sekartini SpA(K) mengingatkan salah satu tugas orang tua adalah melindungi anak dari risiko kecelakaan dan terkena penyakit. Aktivitas liburan naik jet ski bersama bayi, seperti yang diperlihatkan Ria Ricis di kanal Youtube Ricis Official, memiliki risiko kecelakaan.

Kecelakaan saat jet ski, menurut Prof Rini, dapat terjadi bila orang tua tidak hati-hati atau waspada pada saat menggendong anaknya. Selain itu, anak pada usia balita dapat menyimpan memori, terutama terkait masalah yang memberikan dampak tidak baik atau tidak menyenangkan.

Baca Juga

"Kegiatan naik jet ski tidak memberikan kesenangan pada anak, dengan kecepatan yang tinggi dapat membuat anak takut atau cemas," ujar Prof Rini saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (5/1/2023).

 

Prof Rini menjelaskan naik jet ski mungkin tidak ada dampak jangka panjangnya bila kegiatannya hanya sebentar saja. "Tapi patut disayangkan orang tua tidak tepat memberikan permainan untuk anak, dan tinggi risiko kecelakaannya," ujarnya.

Menurut Prof Rini, sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan dan tidak patut ditiru oleh orang tua lainnya. Ricis sebagai figur publik dinilai tak sepatutnya memberikan contoh tidak baik seperti ini, terlebih bayinya, Moana, sempat tidak dipakaikan pelampung dan digendong dengan satu tangan hingga risiko terjatuh sangat tinggi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement