Rabu 04 Jan 2023 16:15 WIB

IU dan Jungkook BTS Masuk Daftar Rolling Stone 'The 200 Greatest Singers of All Time'

IU dan Jungkook BTS masuk dalam daftar The 200 Greatest Singers of All Time

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Jungkook BTS.
Foto: EPA
Jungkook BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Penyanyi-penulis lagu IU dan Jungkook BTS masuk dalam daftar “The 200 Greatest Singers of All Time” versi Rolling Stone. Untuk merayakan tahun baru, majalah Amerika itu menerbitkan daftar yang dianggapnya sebagai 200 penyanyi pop terbaik sepanjang masa, yang mencakup beberapa dekade dan beragam genre.

Rolling Stone menjelaskan bagaimana mereka menyusun daftar tersebut. Mereka menekakan bahwa ini adalah daftar Penyanyi Terbaik, bukan daftar Suara Terbaik. Yang paling penting adalah orisinalitas, pengaruh, kedalaman katalog artis, dan luasnya warisan musik mereka.

Jungkook BTS masuk daftar di posisi No. 191. Editor Kristine Kwak menyebut anggota termuda BTS yang multifaset itu memiliki banyak talenta. Jungkook adalah penampil yang enerjik, menulis beberapa lagu, serta dikenal sangat pekerja keras dan rendah hati, meskipun kesuksesan yang dia alami pada usia begitu muda.

Jungkook juga penyanyi yang sangat berbakat. Pada 2022, lagunya dengan Charlie Puth, “Left and Right” menjadi lagu tercepat oleh solois Korea yang melampaui 400 juta streaming di Spotify. Puth menyebut Jungkook sebagai satu-satunya artis yang pernah mengirimi vokal sempurna.

“Dia mencapai nada tinggi dengan mudah dan menyelaraskan dengan anggotanya dengan mudah, selalu memberi pendengarnya ad-lib baru dan riff vokal yang tidak terduga untuk membuat semuanya tetap menarik,” kata Kwak dilansir Soompi, Rabu (4/1).

Sementara itu, IU masuk di urutan ke-135 dalam daftar tersebut. “Sejak hitsnya pada 2010 'Good Day' (yang pantas mendapatkan pujian untuk tiga nadanya yang klimaks luar biasa), IU menjadi salah satu vokalis paling dihormati dalam musik Korea Selatan,” ujar Kwak.

Meskipun memiliki suara yang lembut, IU memiliki jangkauan nada yang luas, penyampaian yang kuat, dan keserbagunaan yang memungkinkan untuk berpindah dengan mudah dari bossa nova ke pop ninetie's dan dari jazz ke balada. Pada 2022, IU menjadi solois wanita Korea pertama yang memimpin konser di Stadion Olimpiade Seoul, dengan menjual habis tiket  dalam lima menit. Sejumlah idola terlihat hadir di konser itu, seperti Jungkook BTS, Jihyo dan Jeongyeon Twice, Soobin dan Beomgyu TXT.

Musisi lain yang juga masuk dalam daftar adalah bintang rock Karen O, vokalis band Amerika Yeah Yeah Yeahs, yang lahir di Seoul sebelum pindah ke Amerika Serikat saat masih kecil. Karen O membuat catatan tentang warisannya sebagai anak Korea-Amerika yang tumbuh mengidolakan Sam Cooke.

“Karen O melangkah ke dalam sejarah dengan Yeah Yeah Yeahs, seorang diva goth-punk New York dalam pusaran bir, lipstik, dan pakaian jaring,” kata editor Rob Sheffield. Sebagai salah satu dari penyanyi rock wanita pada masanya, O memicu generasi gadis pemberontak yang sedang naik daun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement