Selasa 03 Jan 2023 08:15 WIB

Naik Roller Coaster Bisa Bantu Keluarkan Batu Ginjal, Wahananya tak Sembarangan

Batu ginjal berukuran besar bisa memunculkan sejumlah gejala.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Roller coaster Battlestar Galactica di Universal Studios Singapura. Gerakan roller coaster memungkinkan batu ginjal untuk bergeser ke posisi yang memudahkannya untuk keluar.
Foto:

Ketika batu ginjal terbentuk, tubuh akan berusaha untuk mengeluarkannya ketika penderita berkemih. Ukuran batu ginjal yang kecil bisa tak memunculkan gejala berarti dan dapat keluar dengan sendirinya melalui urine tanpa memunculkan rasa tak nyaman.

Namun, batu berukuran besar di dalam ginjal bisa memunculkan sejumlah gejala. Sebagian gejala tersebut adalah nyeri pada perut, nyeri hebat yang hilang-timbul, serta merasa mual atau muntah.

Terkait penyebab, ada beberapa hal yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Penyebab tersebut adalah tidak cukup minum air putih, mengonsumsi obat tertentu, atau memiliki masalah kesehatan yang meningkatkan kadar zat tertentu di dalam urine.

Orang-orang sebaiknya segera mencari pertolongan medis bila merasakan beberapa gejala, seperti nyeri hebat dan demam tinggi. Gejala lain yang juga bisa menjadi pertanda bahaya adalah munculnya episode menggigil atau gemetar serta ada darah di urine.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement