Senin 02 Jan 2023 12:05 WIB

Oliebollen, Kue Belanda yang Bikin Orang Antre Panjang Tapi Disebut Mirip Odading

Oliebollen merupakan kue tradisional Belanda saat Tahun Baru.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Orang mengantre di stan penjual oliebollen, di Rotterdam, Belanda, 31 Desember 2009. Oliebol adalah produk mirip donat, dibuat secara tradisional dan dikonsumsi di Belanda selama perayaan Tahun Baru.
Foto:

Sejarah singkat

Hidangan oliebollen pertama kali dimakan oleh suku Jermanik di Belanda selama festival pertengahan musim dingin Yule, periode antara 26 Desember hingga 6 Januari. Dewi Perchta bersama dengan roh jahat diyakini akan terbang melintasi langit pada periode tersebut.

photo
Warga mengantre untuk membeli oliebollen, kue tradisional Belanda, di Den Haag, Belanda, 31 Desember 2019. Oliebol, yang dikenal sebagai oliebollen, adalah roti goreng yang ditaburi gula dan biasanya dibeli pada malam tahun baru. - (EPA-EFE/PHIL NIJHUIS)

Untuk menenangkan mereka, suku Jermanik mempersembahkan sejumlah makanan yang kebanyakan berisi adonen goreng, salah satunya oliebollen. Resep oliebollen paling awal ditemukan berasal dari buku Belanda tahun 1667 berjudul De Verstandige Kock.

Tadinya, hidangan ini disebut oliekoek. Namun, sejak awal abad ke-20, namanya berubah menjadi oliebol. Salah satu hidangan oliebollen terlihat di karya pelukis Belanda Aelbert Cuyp tahun 1652.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement