Senin 02 Jan 2023 11:29 WIB

Oliebollen, Hidangan Belanda yang Lagi Viral dan Mirip Odading

Oliebollen biasa terhidang saat musim dingin pada masa pergantian tahun.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Oliebollen atau donat goreng isi kismis dan apel khas Belanda.
Foto: PxHere
Oliebollen atau donat goreng isi kismis dan apel khas Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Salah satu hidangan khas Belanda, oliebollen, sedang menjadi perbincangan warganet. Pembahasan mengenai oliebollen berawal dari cicitan akun Twitter @jastairvine yang menceritakan temannya mengantre dua jam untuk menikmati hidangan oliebollen.

Setelah mengantre lama, ternyata hidangan tersebut mirip seperti odading, roti goreng asal Bandung, Jawa Barat. “Temenku lagi liburan di Amsterdam, diajakin pacarnya (bule) antri kue yang cuma dijual pas holidays season, namanya Olliebollen. Ceritanya dia udah ngantri 2 jam dingin-dingin kena salju, pilek, keanginan dan lain-lain. Pas sampe gilirannya, ‘Any****** odading ieu mah ke***!kata @jastairvine.

Baca Juga

Cicitan tersebut menjadi viral dan mendapat reaksi beragam dari warganet. “Udah 2023 orang Indonesia masih kena dikerjain kompeni,” kata akun Twitter lain.

Ada juga warganet lain yang berbagi pengalaman serupa mencoba oliebollen. “Nyobain Oliebollen waktu The90sFestival tahun 2019 dan beneran odading a***** untung gratis,” ucap @peterjankar.

Dikutip Expats Harleem, Senin (2/1/2023), oliebollen adalah hidangan tradisional Belanda yang biasa dimakan selama musim dingin. Hidangan ini berupa roti goreng empuk yang diisi dengan kismis mirip dengan odading.

Oliebollen juga dibuat dari bahan sederhana, seperti tepung terigu, telur, apel, susu, dan ragi. Agar makin nikmat, biasanya dimakan selagi hangat. Oliebollen juga terkenal sebagai hidangan khas untuk perayaan tahun baru.

Jika Anda tertarik membuatnya, berikut resep membuat oliebollen dari Yanda Starilia dari Cookpad:

Bahan-bahan

250 gr tepung terigu serbaguna

1 sdm gula pasir

1 butir telur suhu ruang

200 ml susu cair full cream

1 sdt ragi instan

1/4 sdt garam

50 gr kismis, rendam air panas, peras

Gula halus untuk taburan

Cara Membuat

- Campur tepung, gula, ragi, aduk rata.

- Bentuk lubang di tengah, masukkan telur dan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula kayu hingga rata.

- Masukkan garam dan kismis, aduk rata hingga adonan licin.

- Tutup adonan dengan kain bersih. Diamkan 30 menit sampai adonan mengembang.

- Tekstur adonan memang lengket ya, tidak kalis karena memang tidak diuleni.

- Panaskan minyak dengan api sedang atau kecil. Dalam proses menggoreng gunakan api kecil agar adonan tidak mudah gosong.

- Ambil 2 sendok makan, celupkan ke dalam minyak panas, lalu bentuk adonan. Goreng hingga matang dengan cara sekali balik agar tidak menyerap banyak minyak.

- Bila sudah matang angkat, tiriskan. Beri taburan gula halus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement