Sabtu 31 Dec 2022 19:19 WIB

Bolehkah Pakai Body Lotion di Wajah? Ini Kata Dokter

Memakai 'body lotion' di wajah terdengar mustahil tetapi ternyata tidak demikian.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Memakai 'body lotion' di wajah terdengar mustahil tetapi ternyata tidak demikian.
Foto: Pixabay
Memakai 'body lotion' di wajah terdengar mustahil tetapi ternyata tidak demikian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Body lotion sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit di area tangan, kaki dan tubuh lainnya. Namun bagaimana jika body lotion digunakan di wajah? Meskipun kedengarannya mustahil, namun mengenakan lotion untuk area wajah tak akan bermasalah tergantung pada jenis kulit dan lotion yang digunakan.

Dokter spesialis kulit bersertifikat di Pasadena, California, Ivy Lee mengatakan bahwa pada umumnya setiap orang diperbolehkan mengoleskan body lotion ke wajah. Terkecuali bagi individu yang rentan terhadap jerawat dan eksim di mana mereka lebih cenderung mengalami jerawat atau reaksi iritan atau alergi.

Baca Juga

“Itu karena lotion atau krim wajah biasanya lebih bersifat non-komedogenik, artinya formulasinya tidak boleh menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, dan hipoalergenik, artinya tidak mengandung alergen umum karena kulit wajah lebih sensitif terhadap iritan dan alergen,” kata Dr Lee seperti dilansir dari Well and Good, Sabtu (31/12/2022).

Jadi selama tidak memiliki jerawat, eksim, atau riwayat kulit sensitif, Anda boleh mengoleskan body lotion di wajah. Hindari saja area yang terkelupas. Asam pengelupasan seperti asam laktat, asam salisilat, atau asam glikolat dapat digunakan dengan aman pada kulit wajah.

Namun, formulasi losion tubuh biasanya mengandung persentase asam pengelupas yang lebih tinggi dibandingkan dengan losion wajah, yang berarti mereka akan terlalu kuat untuk digunakan pada wajah.

Saat Anda mempertimbangkan untuk mengoleskan body lotion ke wajah, perlu diingat konsistensinya. Menurut ahli bedah trauma dan salah satu founder Alexis Lauren Collective, Michael Renda mengatakan, konsistensi adalah salah satu perbedaan terbesar antara losion wajah dan losion tubuh.

“Jadi, jika kulit Anda tidak cocok dengan krim wajah yang kental, jangan gunakan body lotion yang kental,” kata Michael.

Secara keseluruhan, body lotion bisa dimasukkan ke dalam perawatan kulit wajah Anda, selama tidak memiliki masalah jerawat, eksim atau riwayat kulit sensitif.

"Saya penggemar berat rejimen dan produk perawatan kulit sederhana yang dapat melayani berbagai tujuan seperti pelembab yang cocok untuk wajah dan tubuh," kata Dr Lee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement