Selasa 27 Dec 2022 16:30 WIB

Suka Kentang Panggang? Ini Triknya Agar tidak Lembek Setelah Matang

Hasil akhir kentang panggang terkadang lembek sehingga kurang sedap disantap.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Hasil akhir kentang panggang terkadang lembek sehingga kurang sedap disantap.
Foto: PxHere
Hasil akhir kentang panggang terkadang lembek sehingga kurang sedap disantap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat memasak kentang panggang, semua orang pasti ingin membuatnya dengan benar. Akan tetapi, masih ada yang mendapati hasil akhir kentang panggang menjadi lembek sehingga kurang sedap.

Kentang panggang yang baik adalah yang punya keseimbangan antara lembut di bagian dalam dan renyah di luar. Executive Development Chef di Farmison & Co, Jeff Baker, berbagi cara yang harus dilakukan dan kesalahan yang perlu dihindari untuk kentang panggang sempurna. 

Baca Juga

Semuanya dimulai dengan kentang yang dipilih. "Saat memilih kentang yang akan dipanggang, saya selalu merekomendasikan kentang dalam kondisi terbaik agar saat dimasak dengan benar, menghasilkan kentang bertepi renyah yang cantik dengan bagian tengah yang lembut," ujar Baker, dikutip dari laman Metro, Selasa (27/12/2022).

Baker menganjurkan merebus kentang terlebih dahulu sebelum dipanggang untuk hasil terbaik. Masukkan kentang yang sudah dilunakkan ke dalam wajan atau saringan dan tiriskan sejenak. Cara itu akan membuat kentang panggang menjadi lebih renyah. 

Beberapa orang suka melapisi kentang dengan tepung, tapi tanpa itu pun kentang panggang tetap terasa lezat. Jika ingin mengolesi dengan minyak, secukupnya saja supaya menghindari bagian luar gosong dan bagian dalam kurang matang.

Mengenai waktu memasak, Jeff menyarankan untuk memanggang minimal selama 30 menit pada suhu 200 derajat, lantas memeriksanya sesekali. "Jika masih ragu setelah 40 menit, keluarkan kentang dan cobalah untuk memeriksa apakah kentang panggang sudah siap disantap," kata Baker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement