Selasa 27 Dec 2022 16:26 WIB

Gaya Hidup Zero Waste Versi Hamish Daud, Boleh Dicoba

Hamish Daud sebut gaya hidup 'zero waste' menyenangkan dilakukan bersama keluarga.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Hamish Daud sebut gaya hidup 'zero waste' menyenangkan dilakukan bersama keluarga.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Hamish Daud sebut gaya hidup 'zero waste' menyenangkan dilakukan bersama keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebiasaan membuang sampah masyarakat Indonesia bisa dikatakan cukup memprihatinkan. Sampai saat ini masih banyak warga yang belum melakukan pemilahan sampah dengan baik dan benar. 

Selain itu, sebagian besar masyarakat juga memilih untuk membuang sampah dengan cara dibakar, dikubur di tanah, atau dibuang ke sungai. Akibatnya, lingkungan semakin tercemar dan terancam.

Baca Juga

Selebriti Hamish Daud yang juga Chief Marketing Officer dan Co-Founder Octopus Indonesia, mengajak publik untuk memulai kebiasaan baru yang positif, seperti halnya zero waste lifestyle alias gaya hidup bijak mengelola sampah. Menurut dia, hal itu akan terasa lebih ringan dan menyenangkan apabila dilakukan bersama-sama dengan keluarga dan sahabat. 

"Bagi yang ingin memulai zero waste lifestyle di tahun 2023, tidak perlu jauh-jauh dan memikirkan jalan keluar yang sangat rumit, karena perubahan gaya hidup ini bisa dilakukan dengan mudah di lingkungan rumah, sekolah atau kantor," kata Hamish, Selasa (27/12/2022).

Berikut empat kebiasaan kecil yang bisa bermanfaat untuk bumi minim sampah di tahun 2023 dari Hamish.

 

1. Memilah sampah 

Buang sampah di tempatnya saja sudah tidak cukup. Sekarang kita harus memilah limbah sesuai kategori, supaya tidak tercampur dan lebih mudah untuk didaur ulang. Mulai pisahkan sampah-sampah seperti plastik, kertas, serta kemasan kaca, dan menukarkannya dengan pulsa, paket data atau token listrik di aplikasi Octopus.

 

2. Lakukan prinsip One In, One Out 

Untuk menghindari penimbunan barang yang tidak berguna, bisa mencoba prinsip one in one out, yakni hanya membeli satu barang jika ada satu barang lama yang perlu dikeluarkan. Anda bisa memberikan barang ini ke orang yang membutuhkan, atau memesan Pelestari dari aplikasi Octopus untuk menjemput barang tersebut.

 

3. Decluttering 

Jika merasa punya terlalu banyak barang elektronik yang sudah jarang dipakai, mungkin sudah saatnya melakukan decluttering atau memisahkan barang-barang yang memang hanya diperlukan saja. Benda-benda kesayangan yang sudah tidak lagi berguna seperti kamera tua, handphone jadul, laptop rusak, bahkan kabel bekas bisa ditukarkan dengan bitcoin dan emas digital di aplikasi Octopus.

 

4. Bagikan kode referral Octopus ke keluarga, teman dan sahabat 

Memulai kebiasaan baru pastinya lebih mengasyikkan jika dilakukan bersama-sama. Anda bisa bergabung dalam Kampanye “New Year, New Habit”, dan mengajak orang-orang terdekat untuk mendaur ulang sampah menggunakan aplikasi Octopus.

Octopus, perusahaan teknologi yang berfokus pada solusi daur ulang sampah, menginisiasi kampanye “New Year, New Habit” untuknmengajak masyarakat menyambut tahun 2023 dengan memulai menggiatkan kebiasaan baik dan berkelanjutan, yaitu memilah dan mendaur ulang sampah. Selain Kampanye “New Year, New Habit”, Octopus juga mengadakan kegiatan seru lainnya yaitu Octopus Mission Hunt, sebuah tantangan bagi pengguna untuk menyelesaikan misi penyetoran sampah di aplikasi Octopus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement