Selasa 27 Dec 2022 14:54 WIB

4 Kebiasaan Perawatan Kulit yang Efektif untuk Kulit Berjerawat

Jerawat bukan hanya masalah bagi remaja yang memasuki masa pubertas.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Jerawat (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Jerawat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang mungkin bisa mengurangi rasa percaya diri. Jerawat bukan hanya masalah bagi remaja yang memasuki masa pubertas.

Sebenarnya tidak ada pedoman mutlak untuk perawatan kulit untuk kulit yang rentan berjerawat. Dilansir dari pinkvilla, berikut ini adalah kebiasaan perawatan kulit yang efektif untuk kulit berjerawat:

Baca Juga

 

Gunakan Riasan Berbasis Air yang Bebas Minyak

Selama bertahun-tahun, orang telah menggunakan makeup untuk menutupi kekurangan, misalnya untuk menutupi jerawat. Namun, hati-hati. Hal itu juga bisa membuat jerawat menjadi lebih buruk.

Produk berminyak yang mengandung minyak mineral, cocoa butter atau krim dingin dapat memperburuk jerawat. Seperti lotion dan tabir surya, riasan Anda harus berbahan dasar air, hipoalergenik, nonkomedogenik dan bebas minyak.

Seprai di Tempat Tidur Harus Bersih

Kotoran dan minyak di tempat tidur Anda akan berpindah ke kulit Anda saat Anda tidur. Untuk mencegahnya, gunakan sarung bantal satin bila memungkinkan dan ganti seprai Anda sesering mungkin.

Setelah Olahraga, Segera Mandi dan Bersihkan Wajah

Keringat menempel di wajah Anda dan mungkin termasuk bakteri yang menyebabkan jerawat. Segera mandi dan bersihkan wajah Anda untuk mencegah jerawat.

Hindari Menggunakan Waslap untuk Menggosok Wajah

Mencuci muka dengan tangan lebih efektif daripada menggunakan handuk untuk menggosok kulit hingga kering. Menggosok bahkan dapat memperburuk jerawat, jadi Anda harus menghindarinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement