Senin 26 Dec 2022 06:08 WIB

Pentingnya Merawat Kulit Wajah Sejak Usia 13 Tahun

Anak sekolah mulai jerawat bisa pakai produk berbahan buah-buahan.

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Muhammad Hafil
 Pentingnya Merawat Kulit Wajah Sejak Usia 13 Tahun. Foto: Jerawat (ilustrasi)
Foto: Foxnews
Pentingnya Merawat Kulit Wajah Sejak Usia 13 Tahun. Foto: Jerawat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Agar tetap terlihat sehat dan cantik, kulit wajah harus dirawat sejak usia remaja atau sejak usia 13 tahun. Mengapa demikian? Apa dampaknya bila tidak dirawat sejak remaja?

Owner Farra Beauty, Nor Farahiyah binti Kamal Bharin (KF), menjelaskan penting sekali merawat kulit dari usia 13 tahun, agar kedepannya kulit tetap sehat dan terawat meski sudah masuk usia tua. Sejak usia 13 tahun, dianjurkan menggunakan produk skincare berbahan alami.

Baca Juga

"Anak sekolah mulai jerawat bisa pakai produk berbahan buah-buahan," ujarnya saat soft launching produk Farra Beuaty di Jakarta belum lama ini.

photo
Skincare berbahan alami terutama dari buah diprediksi akan menjadi tren skincare di tahun 2023. - (Dok Farra Beauty)

 

Pada saat remaja, masalah jerawat memang yang paling sering dialami. Selain karena faktor pubertas juga karena anak remaja masih malas merawat kulit wajahnya.

Farra mengatakan perawatan utama yang wajib dilakukan saat usia 13 tahun adalah mencuci wajah. "Anak-anak pulang sekolah muka berminyak dan kotor. Tapi anak-anak paling malas cuci muka," ungkapnya.

Selain membersihkan wajah, perawatan wajib lainnya sejak usia 13 tahun adalah penggunaan sunscreen. Hal ini harus dilakukan demi menjaga kulit wajah tetap sehat. Apalagi Indonesia yang beriklim tropis, maka penggunaan sunscreen sangat diperlukan.

"Anak-anak rentan terkena cahaya UV karena itu membutuhkan UV protection. Namun anak-anak sulit melakukannya," ujar Farah.

Padahal, jika remaja rajin merawat wajah dengan menggunakan skincare langkah demi langkah, maka akan terlihat perbedaannya.

"Kalau tidak dirawat dari awal akan timbul jerawat, jaringan parut kalau tidak dijaga. Bisa pula kulit menjadi berminyak," tambahnya.

Selain itu, jika tidak merawat kulit wajah sejak usia 13 tahun, maka ketika usia tua, kulit tidak lagi memiliki kualitas yang baik.

"Apalagi jika baru mulai merawat wajah sejak usia 25 tahun keatas, sudah mulai ada flek item. Makanya harus dijaga sejak usia 13 tahun. Dijaga sejak awal," tambahnya.

Farra mengatakan di usia 25 tahun sudah mulai muncul flek hitam lantaran kolagen sudah berkurang. Disamping itu, banyak orang yang menggunakan produk berbahan merkuri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement