Kamis 22 Dec 2022 01:55 WIB

Lima Makanan Ini Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Hati bekerja membuang racun dari tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Lima Makanan Ini Membantu Menjaga Kesehatan Hati
Foto: Antara/Basri Marzuki
Lima Makanan Ini Membantu Menjaga Kesehatan Hati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penting sekali memiliki hati yang sehat. Hati adalah pembangkit tenaga sebuah organ.

Hati menangani semuanya, mulai dari membuang racun dari tubuh Anda hingga meningkatkan pencernaan dan menyimpan vitamin untuk digunakan tubuh. Dilansir di NDTV, penting untuk menjaga hati dalam kondisi yang baik.

Baca Juga

Berikut lima makanan yang membantu menjaga kesehatan hati.

1. Wheatgrass 

Wheatgrass tinggi klorofil dan klorofil membantu menghilangkan zat beracun dan membantu mendukung fungsi hati yang sehat.

2. Jus Bit

Jus bit merupakan sumber nitrat dan antioksidan yang disebut betalains yang membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan di hati serta meningkatkan enzim detoksifikasi alami.

3. Anggur

Anggur merah dan ungu mengandung banyak senyawa tanaman yang bermanfaat, contohnya adalah resveratrol yang meningkatkan tingkat antioksidan dan menurunkan peradangan.

4. Sayuran

Sayuran seperti brokoli dan kubis brussel dapat membantu meningkatkan enzim detoksifikasi alami hati, melindunginya dari kerusakan dan meningkatkan kadar enzim hati dalam darah.

5. Kacang Kenari

Dari semua jenis kacang, kenari adalah yang paling bermanfaat untuk mengurangi penyakit hati berlemak. Ini berkat kandungan antioksidan dan asam lemaknya yang lebih tinggi. Kenari memiliki asam lemak omega 6 dan omega 3 paling banyak serta antioksidan polifenol.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement