Senin 19 Dec 2022 18:26 WIB

Batu Saluran Kemih, Mengapa Bisa Terbentuk?

Batu saluran kemih dapat terbentuk di ginjal, ureter, maupun uretra.

Toilet umum (Ilustrasi). Andaikan ukurannya makin membesar, batu saluran kemih akan menyebabkan nyeri hebat.
Foto:

Batu saluran kemih terbentuk dari zat garam dan mineral lain yang menempel membentuk seperti batu ukuran kecil atau kerikil. Kalau masih berada di ginjal, batu itu belum menimbulkan rasa nyeri.

Andaikan ukurannya makin membesar, batu saluran kemih akan menyebabkan nyeri hebat. Batu saluran kemih bakan dapat menghalangi aliran urine sehingga menimbulkan sumbatan di saluran kemih ureter.

Penderita batu saluran kemih dapat menjalani perawatan medis untuk menghilangkan nyeri. Tahapannya dimulai dengan melakukan pemeriksaan penunjang laboratorium dan radiologi lalu tindakan ESWL (Extracorporeal Shockwave Lithotripsy) atau PCNL (Percutaneous Nephro Litholapaxy).

"Tatalaksana yang dilakukan untuk menurunkan rasa nyeri dengan melakukan terapi konservatif ataupun ekspulsif medikamentosa, yakni ESWL, endourologi dan pembedahan," kata dr Pebrian.

Dr Pebrian mengatakan, data angka menunjukkan angka rata rata kekambuhan batu saluran kemih adalah tujuh persen atau kurang lebih 50 persen pada kurun waktu 10 tahun terakhir. Untuk pencegahan kekambuhan, pasien perlu menghindari dehidrasi dan memenuhi kebutuhan air putih harian dua hingga liter serta melakukan diet rendah protein, oksalat, garam, dan purin.

"Penderita perlu menjalani terapi sebagai pengobatan atau minum obat yang diberikan secara oral, pil, kapsul, suntik, atau infus," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement