Sabtu 17 Dec 2022 06:30 WIB

6 Trik Praktis untuk Redakan Stres

Stres perlu dikelola dengan baik agar tak memicu dampak negatif.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan sedang didera stres (Ilustrasi). Mempelajari cara mengatasi stres merupakan hal yang penting bagi kesehatan fisik dan mental.
Foto:

Menikmati Waktu di Alam Terbuka

Peneliti psikologi Kelly McGonigal PhD mengungkapkan bahwa alam terbuka dapat memberikan efek yang besar dalam upaya mengelola stres. Salah satu kiat yang direkomendasikan oleh McGonigal adalah meluangkan sedikit waktu untuk berada di alam terbuka setiap hari. Berjalan-jalan di taman saat sedang merasakan stres juga dapat membantu menjernihkan pikiran.

Merapikan Lingkungan

Membersihkan dan merapikan lingkungan di sekitar, seperti tempat tinggal, bisa memunculkan perasaan mampu memegang kendali atas sesuatu. Selain itu, lingkungan yang tertata rapi juga bisa memunculkan perasaan tenang dan pikiran jernih. Di sisi lain, lingkungan yang berantakan bisa menambah stres menurut ahli kesehatan Susan biali Haas MD.

Untuk membiasakan diri merapikan ruangan tempat beraktivitas, coba luangkan waktu selama 10 menit untuk merapikan sesuatu. Meski dalam waktu yang singkat, kegiatan merapikan sesuatu ini bisa menghadirkan pikiran yang jernih secara instan.

Berolahraga Ringan

Selain menyehatkan fisik, olahraga juga bisa membantu memelihara kesehatan jiwa. Dr Saltz mengungkapkan bahwa olahraga aerobik yang dilakukan selama minimal 30 menit sebanyak tiga atau empat kali per pekan bisa membantu mengelola stres dan kecemasan, serta memperbaiki suasana hati.

Pilih jenis olahraga aerobik yang paling disukai dan terasa menyenangkan. Bila memungkinkan, lakukan olahraga sebelum memulai aktivitas, saat jam istirahat makan siang, atau setelah menyelesaikan aktivitas sehari-hari bersama dengan teman atau keluarga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement