Kamis 15 Dec 2022 15:07 WIB

Iron Man Hingga When Harry Met Sally Masuk Daftar Film Nasional AS

Iron Man merupakan film Marvel pertama yang masuk National Film Registry.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Robert Downey Jr dalam salah satu adegan dari film Iron Man. Film Marvel ini masuk National Film Registry.
Foto: Marvel
Robert Downey Jr dalam salah satu adegan dari film Iron Man. Film Marvel ini masuk National Film Registry.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Film Iron Man yang dibintangi Robert Downey Jr, musikal animasi Disney tahun 1989 The Little Mermaid, film horor Carrie garapan Brian De Palma tahun 1976, dan komedi romantis tahun 1989 When Harry Met Sally termasuk di antara 25 film yang dipilih sebagai entri tahun 2022 ke dalam National Film Registry (NFR).

Ini merupakan program pemerintah AS dalam memastikan karya budaya berupa film tetap terjaga keautentikannya sehingga bisa dinikmati generasi penerus. Sebanyak 6.865 film diserahkan oleh publik ke Perpustakaan Kongres untuk dipertimbangkan tahun ini.

Baca Juga

Film Carrie, Iron Man, The Little Mermaid, When Harry Met Sally, dan Betty Tell Her Story (1972) meraih dukungan publik yang signifikan melalui nominasi online. Presiden Marvel Studios Kevin Feige mengatakan bahwa Iron Man yang menjadi film pertama Marvel benar-benar meninggalkan kesan berarti untuk studio.

"Gagasan bahwa kami di sini, setelah hampir 15 tahun Iron Man dirilis dan bergabung dengan Film Registry meyakinkan kami bahwa film itu telah teruji oleh waktu dan masih memiliki arti bagi penonton di seluruh dunia," kata Feige, seperti dilansir People, Kamis (15/12/2022).

Billy Crystal, yang berperan dalam When Harry Met Sally bersama Meg Ryan, mengatakan bahwa film ini memang layak masuk dalam daftar karena setiap bidikannya sangatlah tepat.

"Bukan berarti segalanya mudah, tapi sungguh menyenangkan melihatnya mendapat pengakuan dan dilindungi," kata Crystal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement