Selasa 13 Dec 2022 13:10 WIB

Aktivitas Fisik Bisa Bantu Perpanjang Usia, Seperti Apa Bentuknya dan Harus Berapa Lama?

Aktivitas fisik sehari-hari juga dapat meningkatkan kesehatan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Berjalan kaki (ilustrasi). Aktivitas fisik ringan seperti berjalan cepat dan membersihkan rumah tampak berkontribusi secara signifikan mengurangi risiko kematian akibat kanker atau penyakit jantung.
Foto:

Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa olahraga menawarkan banyak manfaat, termasuk kesehatan mental yang lebih baik, risiko penyakit yang lebih rendah, dan penurunan fisik dan kognitif yang lebih lambat seiring bertambahnya usia. Baik latihan aerobik (kardio) maupun latihan massa otot seperti angkat beban terbukti dapat meningkatkan kesehatan.

Mempelajari dosis olahraga yang lebih ringan, terutama di luar gym, dapat membantu memberikan manfaat kebugaran bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu, uang, atau akses untuk mengikuti rutinitas olahraga lainnya. Stamatakis menyebut meningkatkan intensitas aktivitas sehari-hari tidak memerlukan komitmen waktu, persiapan, keanggotaan klub, keterampilan khusus.

"Ini hanya melibatkan peningkatan kecepatan saat berjalan atau melakukan pekerjaan rumah tangga dengan sedikit lebih banyak energi," kata Stamatakis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement