Kamis 08 Dec 2022 21:00 WIB

Ingin Jago Memasak? Kuasai Sembilan Keterampilan Ini

Ada sejumlah keterampilan memasak yang cukup penting dan wajib dikuasai.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Ada sejumlah keterampilan memasak yang cukup penting dan wajib dikuasai.
Foto:

6. Cara memasak nasi tanpa rice cooker

Pertama, pahami rasio air dan beras. Idealnya, rasio 1 1/2 banding 1 bisa membuat nasi di atas kompor. Artinya, membutuhkan 1 1/2 gelas air untuk setiap satu gelas beras.

Untuk 1 1/2 cangkir nasi, masukkan nasi dan tiga cangkir air ke dalam panci dan didihkan dengan api sedang-tinggi. Setelah air mendidih, kecilkan api menjadi api kecil dan tutup panci dengan penutup. Lanjutkan memasak dengan api kecil selama 12–14 menit sampai semua air terserap.

Setelah air terserap, angkat nasi dari api dan diamkan lagi selama 5–10 menit dengan tutup panci. Kemudian ratakan dengan garpu dan sajikan.

 

7. Cara memanggang sayuran

Potong semuanya berukuran sama. Jika mencampur berbagai macam sayuran dengan tekstur yang berbeda, dapat mulai memanggang potongan yang akan memakan waktu lebih lama, lalu tambahkan yang lebih lembut ke dalam wajan yang sama.

Sebarkan potongan sayuran di atas loyang yang dilapisi kertas timah atau kertas perkamen. Taburan minyak zaitun dalam jumlah banyak di atas sayuran dan bumbui dengan garam, merica, atau lainnya yang cocok dengan hidangan. Aduk adonan menjadi satu dan sebarkan potongan sayuran secara merata.

 

8. Cara membuat saus salad dasar

Manfaatjan sedikit minyak dan cuka ke sayuran. Namun jika ingin sedikit lebih banyak emulsifikasi, siapkan sebotol kecil saus salad khusus sendiri di lemari es. Buatlah dari sedikit mustard, minyak, bawang putih, jus lemon, garam, dan merica.

 

9. Cara memasak steak yang sempurna

Bumbui steak dan bawa ke suhu kamar sebelum dimasak. Ini akan memakan waktu 15–30 menit. Membumbui daging di awal proses ini akan memungkinkan rasa menembus dan melunakkan steak. Waktu ini penting untuk memastikan daging matang secara merata, artinya tanpa titik panas atau dingin.

Saat siap memasak, panaskan wajan selama beberapa menit hingga menjadi sangat panas. Bakar steak dalam minyak canola selama dua hingga lima menit per sisi, tergantung potongan steak, ukuran, dan suhu preferensi.

Saat steak dimasak, tambahkan mentega ke dalam wajan dan olesi steak saat dimasak. Mentega akan meresap ke dalam steak sampai menciptakan rasa yang luar biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement