Jumat 02 Dec 2022 00:30 WIB

Terobosan Baru, Obat Alzheimer Mampu Perlambat Penurunan Memori

Lecanemab menjadi obat yang memberikan harapan baru untuk penderita Alzheimer.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Penderita Alzheimer (Ilustrasi). Lecanemab dirancang untuk menargetkan dan membersihkan amiloid (salah satu protein yang menumpuk di otak penderita Alzheimer yang ditemukan memperlambat penurunan memori dan pemikiran pasien).
Foto:

Pemimpin kelompok di UK Dementia Research Institute di University College London, Profesor John Hardy, menyebut uji coba ini merupakan langkah pertama yang penting. Dia benar-benar meyakni ini merupakan awal dari akhir.

"Teori amiloid telah ada selama 30 tahun jadi ini sudah lama terjadi. Sungguh luar biasa menerima konfirmasi ini bahwa kami telah berada di jalur yang benar selama ini, karena hasil ini secara meyakinkan menunjukkan, untuk pertama kalinya, hubungan antara menghilangkan amiloid dan memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer," paparnya.

photo
Kenali gejala Alzheimer. - (Republika)

Langkah pertama adalah yang paling sulit, dan mereka sekarang tahu persis apa yang perlu mereka lakukan untuk mengembangkan obat yang efektif.

"Sangat menarik untuk berpikir bahwa pekerjaan di masa depan akan dibangun di atas ini, dan kita akan segera memiliki perawatan yang mengubah hidup untuk mengatasi penyakit ini."

Namun, para ahli memperingatkan bahwa pejabat Inggris harus melakukan banyak hal untuk mempersiapkan pengiriman obat tersebut, asalkan mendapat persetujuan dari otoritas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement