Rabu 30 Nov 2022 17:07 WIB

Dokter Ortopedi: Beli Sepatu Baru Baiknya di Sore Hari

Pilih sepatu yang nyaman, bukan sekadar bagus modelnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
 Pengunjung memilih sepatu di salah satu pusat perbelanjaan (ilustrasi). Pilihlah sepatu yang nyaman sesuai dengan karakteristik kaki.
Foto:

3. Coba sepatu di sore hari

Sepatu terkadang terasa pas ketika dipakai pagi hari, namun terasa lebih sempit di sore hari. Sebaiknya, jajal sepatu baru yang hendak dibeli pada sore hari.

"Usahakan coba sepatu sambil berdiri, jangan duduk, sambil dipencet-pencet. Kalau berdiri, kaki sedikit melebar, jadi minimal bisa dirasakan enak, pas atau tidak," ujar dr Langga.

 

Sebaiknya, bawa sepatu dan kaus kaki yang lama atau biasa dipakai sebelumnya. Sebab, jenis kaus kaki bisa berbeda-beda, ada yang tipis atau lebih tebal. Kenyamanan dari kaus kaki juga berpengaruh saat memakai sepatu.

4. Jangan terkecoh dengan model sepatu

Sering kali, ketika memasuki gerai, orang akan langsung tertarik dengan model yang menurut mereka menarik. Menurut dr Langga, sebaiknya tak usah terlalu mementingkan model karena yang tampak menarik belum tentu nyaman untuk kaki.

"Jangan selalu terpancing model, yang penting adalah nyaman," ujar dr Langga.

5. Kapan harus mengganti sepatu?

Waktu mengganti sepatu bisa bergantung pada kondisi sepatu dan jarak yang sudah ditempuh. Namun, rata-rata sepatu bisa diganti tiga tahun sekali apabila ada bagian yang rusak atau bisa memengaruhi efektivitas kegiatan kaki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement