Ahad 27 Nov 2022 16:57 WIB

Dokter: Makanan Pendamping ASI Boleh Diberi Gula Setengah Sendok Teh Saja

Konsumsi gula pada anak harus dibatasi.

Bayi sedang makan (Ilustrasi).Saat anak memasuki masa MPASI, orang tua boleh memberikan tambahan gula dan garam untuk menggugah selera makannya.
Foto:

Selain itu, menurut dr Herbowo, gula diperlukan tubuh sebagai energi dan kerja sel. Gula yang dipecah dalam tubuh, selanjutnya jika gula sudah habis dipecah maka tubuh akan memecah lemak dan protein. Namun, jika terdapat timbunan gula berlebih dalam tubuh, lemak dan protein tidak bisa dipecah secara bergiliran dan akhirnya timbul penyakit seperti jantung dan kolesterol.

"Kalau gula bertumpuk, lemaknya enggak pernah dipecah akhirnya masalah penyakit jantung karena penumpukan lemak di jantung, kolesterol yang tinggi," tuturnya.

Gula yang tidak dipecah juga akan menimbun lemak pada tubuh yang bisa mengakibatkan darah tinggi dan perlemakan pada organ hati sehingga menimbulkan obesitas. Mengutip penelitian, dr Herbowo mengatakan bahwa obesitas berhubungan erat dengan diabetes karena gula yang berlebih dalam tubuh menyebabkan cadangan energi lain tidak dipakai.

"Jadi energinya harus dipakai. Olahraga dan aktivitas sehari-hari sangat membantu sekali untuk memecah gula sehingga enggak terlalu bertumpuk," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement