Senin 21 Nov 2022 06:44 WIB

Empat Cara Alami Agar Terlihat Awet Muda

Proses penuaan memang tak bisa dihindari, namun orang bisa terlihat awet muda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Cokelat termasuk makanan yang mengandung tinggi gula (ilustrasi). Untuk terlihat awet muda, coba batasi asupan gula.  Gula bisa mendorong proses penuaan melalui beragam cara.
Foto:

Batasi gula

Dokter dari UnityPoint Health, Andrew Nish MD, mengatakan gula bisa mendorong proses penuaan melalui beragam cara, baik dari dalam atau dari luar. Dr Nish mengatakan kulit terdiri dari kolagen dan elastin yang membuat kulit terlihat kenyal dan lembut.

Gula bisa menyebabkan terjadinya cross-linking pada kolagen. Ini dapat membuat kulit menjadi lebih kaku dan kehilangan elastisitas.

"Semakin banyak gula yang kita konsumsi, semakin menderita kulit kita," ungkap dr Nish.

Pada kulit, konsumsi gula berlebih juga bisa memicu beberapa masalah. Sebagian dari masalah tersebut adalah memperbanyak jerawat, memunculkan kerutan, mengendurkan kulti leher dan dagu, memunculkan dark spot alias bintik-bintik hitam, serta membuat luka menjadi sulit sembuh.

Perbanyak konsumsi protein

Selain baik untuk kesehatan secara umum, konsumsi protein juga dapat membuat kulit terlihat awet muda. Hal ini bisa terjadi karena protein merupakan komponen penting dari kolagen. Seperti diketahui, kolagen diperlukan untuk membuat kulit tetap elastis dan terlihat awet muda.

"Sumber protein terbaik yang bisa Anda tambahkan dalam pola makan adalah ayam, ikan, telur, keju cottage, selai kacang, dan lentil," ujar personal trainer Bishnu Pada Das.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement