Selasa 15 Nov 2022 20:02 WIB

Serial Zootopia+ Eksplorasi Karakter dari Versi Film Layar Lebarnya

'Zootopia+ akan tayang streaming di Disney Hotstar.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Foto adegan serial Zootopia+.
Foto: Walt Disney Animation Studios
Foto adegan serial Zootopia+.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film layar lebar Zootopia rilisan 2016 silam menyoroti petualangan opsir kelinci Judy Hopps dan Nick Wilde sang rubah cerdik. Kini, serial "Zootopia+" hadir di platform streaming Disney+ Hotstar dan mengeksplorasi kisah dan para karakter dari sinema terdahulu.

Ada cerita sampingan dari berbagai kejadian di kota metropolis Zootopia yang dulu muncul dalam film. Di Zootopia, mamalia terkecil hingga terbesar hidup berdampingan dengan damai, tanpa memangsa dan dimangsa. Mereka bicara, berjalan, dan berpakaian layaknya manusia. 

Baca Juga

Para satwa itu sudah menerapkan teknologi canggih. Mereka naik kereta cepat, minum kopi di kafe, tinggal di apartemen, hingga selfie dan chatting. Enam episode serial menceritakan sejumlah tokoh berbeda di beberapa wilayah terpisah di Zootopia.

Episode dalam serial rata-rata berdurasi tujuh sampai sembilan menit. Alur tiap episode tidak memiliki kesinambungan secara langsung, tetapi semua punya benang merah dengan jalan cerita di film Zootopia. Adegan di episode pertama serial bermula dari keberangkatan Judy Hopps dari kampung halamannya, BunnyBurrow.

Dia berpamitan kepada keluarganya menuju Zootopia untuk mewujudkan mimpi menjadi polisi. Saat Judy pamit, ada insiden yang membuat orang tuanya kelabakan. Adik terkecil Judy rupanya menyusup naik ke kereta yang melesat menuju Zootopia. 

Ayah dan ibu Judy, yakni Stu Hopps (Don Lake) dan Bonnie Hopps (Bonnie Hunt) langsung menyusul dengan mengendarai mobil keluarga. Bisakah Stu dan Bonnie datang tepat waktu dan memastikan si bungsu selamat? Pengejaran penuh kepanikan itu bisa disimak di episode "Hopp on Board", sebuah pembuka yang manis tentang keluarga.

Aktris Bonnie Hunt, pengisi suara tokoh Bonnie Hopps, menyebut keterlibatan di "Zootopia+" sangat menyenangkan. Dia mengapresiasi tim yang solid, cerita yang bagus, dan kualitas karakter yang disorot. "Sangat seru memainkan sesuatu yang cerdas dan baik serta penuh humor. Ini adalah hak istimewa," kata Hunt pada konferensi pers virtual "Zootopia+".

Episode kedua, "The Real Rodents of Little Rodentia", dikemas seperti tayangan realitas televisi. Episode ketiga yakni "Duke the Musical" melibatkan penampilan musikal jalanan yang menarik. Selanjutnya, "The Godfather of the Bride" menyoroti kisah lampau dari bos mafia Mr Big yang mengharukan. 

Pada episode "So You Think You Can Prance", petugas polisi Benjamin Clawhauser berambisi ikut audisi menjadi penari latar Gazelle (Shakira). Episode "Dinner Rush" menampilkan cerita sampingan dari adegan ngebut kukang bernama Flash.

"Zootopia+" bisa ditonton semua umur, tapi rating-nya "PG" yang artinya anak butuh pendampingan orang tua. Tidak ada adegan kekerasan atau hal yang tidak pantas ditonton anak-anak, namun sejumlah dialog mungkin perlu penjelasan dari orang dewasa.

Serial ini memiliki konten yang ringan dan tidak perlu banyak berpikir untuk menyimaknya. Apabila belum menonton film Zootopia, ada penjelasan visual sehingga pemirsa tidak bingung. Jika penonton lupa jalan cerita di film silam, sejumlah pengulangan adegan bakal terasa familier.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement