Rabu 16 Nov 2022 00:52 WIB

8 Manfaat Kubis untuk Kesehatan, Baik untuk Pencernaan Hinga Cegah Kanker

Kubis penuh dengan kebaikan nutrisi yang dapat membuat Anda merasa kuat.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah petani memilah hasil panen sayur kubis. Kubis memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Sejumlah petani memilah hasil panen sayur kubis. Kubis memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kubis mungkin bukan sayuran yang paling menarik. Namun, sayuran ini penuh dengan kebaikan nutrisi yang dapat membuat Anda merasa kuat dan sehat. Dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga memperbaiki pencernaan Anda.

Dilansir dari healthclevelandclinic, sayuran berdaun hijau yang umum ini hadir dalam berbagai warna, bentuk dan ukuran yang dapat Anda gunakan untuk sup, salad, sandwich dan lainnya.

Baca Juga

Berikut delapan manfaat kubis untuk kesehatan:

Melawan Peradangan

 

Beberapa manfaat kesehatan kubis adalah karena antosianin, yang merupakan antioksidan alami. Antosianin tidak hanya menambah warna pada buah seperti blueberry dan sayuran tetapi juga dapat mengurangi peradangan.

Peradangan kronis pembengkakan jangka panjang dikaitkan dengan penyakit jantung, kanker  dan banyak kondisi medis lainnya. Dalam penelitian pada hewan, antosianin telah terbukti membantu mengendalikan peradangan.

Membuat Tetap Kuat

Kubis mengandung vitamin C. Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat membantu membuat kolagen dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi dari makanan nabati.

Memperbaiki Pencernaan

Kubis mengandung pitosterol sterol tumbuhan dan serat tidak larut. Kubis dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat dan buang air besar secara teratur.

Melindungi Hati

Antosianin yang ditemukan menambah manfaat kesehatan kubis dengan mengurangi risiko penyakit jantung. Para ilmuwan telah menemukan 36 jenis antosianin yang berbeda dalam kubis. Kubis bisa dijadikan pilihan yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Menurunkan Tekanan Darah

Kalium adalah mineral dan elektrolit yang membantu tubuh Anda mengontrol tekanan darah. Satu cangkir kubis merah dapat memberikan jumlah potasium yang sehat sebanyak enam persen dari nilai harian yang Anda rekomendasikan. Hal ini bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda, mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurunkan Kolesterol

Terlalu banyak kolesterol jahat atau kolesterol LDL dapat menyebabkan masalah jantung jika menumpuk di arteri Anda. Kubis mengandung dua zat serat dan pitosterol (sterol tumbuhan) yang bersaing dengan kolesterol untuk diserap oleh sistem pencernaan Anda. Serat dan pitosterol ini pada akhirnya bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K sangat penting untuk kesehatan Anda. Tanpa vitamin K, Anda berisiko mengalami kondisi tulang seperti osteoporosis, dan darah Anda tidak akan bisa membeku dengan baik. Kubis merupakan vitamin K. 

Mencegah Kanker

Penelitian pada hewan awal menunjukkan bahwa sayuran berdaun hijau seperti kubis memiliki fitokimia yang dapat membantu melindungi terhadap kanker. Sayuran ini mengandung antioksidan dan senyawa tanaman seperti glukosinolat. Bahan kimia yang mengandung belerang ini terurai selama proses pencernaan menjadi zat yang dapat membantu melawan sel kanker dan membersihkannya dari tubuh Anda.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement