Kamis 08 Nov 2018 09:50 WIB

6 Manfaat Kubis Brussel untuk Kesehatan

Kubis Brussel kaya vitamin C dan K.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Kubis Brussel.
Foto: Pixabay
Kubis Brussel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, sayuran Brussel sprout atau kubis Brussel mungkin masih terdengar asing. Hal tersebut wajar karena jenis sayuran itu memang bukan berasal dari Indonesia melainkan Belgia. Dari segi bentuk, sayuran ini menyerupai kubis pada umumnya namun berukuran lebih kecil.

Meski berukuran kecil, kubis Brussel memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Sayuran ini kaya akan nutrisi seperti antioksidan dan vitamin. Kubis Brussel sering ditemukan dalam hidangan salad atau tumisan. Sayuran ini paling sering muncul dalam berbagai acara perayaan seperti tahun baru.

Baca Juga

Untuk mengetahui lebih banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan, berikut rangkumannya dilansir dari The Independent.

Melawan kanker

Selain berhenti merokok dan rutin berolahraga, mengonsumsi banyak sayuran kaya nutrisi seperti kubis Brussel adalah salah satu anjuran untuk menurunkan risiko kanker. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kubis Brussel memiliki kandungan khusus yang dapat melawan kanker. Sayuran ini juga kaya antioksidan yang menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Kaya serat

Serat tidak hanya penting untuk melancarkan saluran di usus besar. Serat juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol, mengatur kadar gula dalam darah dan mencegah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung hingga kanker usus. Selain itu, serat juga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Kaya Vitamin

Kubis Brussel dikenal akan kandungan vitamin dan mineralnya. Sejumlah vitamin yang bisa ditemukan yaitu vitamin K yang baik untuk darah, vitamin C untuk pertumbuhan dan perbaikan sel serta vitamin A baik untuk kesehatan mata.

Sayuran ini juga tinggi kandungan asam folat. Asam folat penting untuk memproduksi dan mengatur sel darah merah. Tidak hanya itu, kubis Brussel ini ternyata juga mengandung zat mangan yang dibutuhkan untuk kesehatan otak.

Rendah kalori

Setengah cangkir atau sekitar 78 gram kubis Brussel hanya mengandung 28 kalori. Maka tidak heran sayuran ini sering dijadikan salah satu bahan yang ditemukan dalam menu diet seperti salad dan tumisan.

Mengandung asam lemak omega-3

Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sangat penting bagi pelaku gaya hidup sehat seperti vegan. Sayangnya, untuk mendapatkan cukup omega-3 tidaklah mudah jika hanya mengandalkan sayuran.

Kubis Brussel adalah salah satu sayuran yang mengandung omega-3. Omega-3 sangat dibutuhkan untuk kesehatan otak serta membantu mengatasi depresi dan kecemasan.

Baik untuk tulang

Kubis Brussel kaya akan vitamin K yang baik untuk kepadatan tulang. Pasien osteoporosis sangat dianjurkan sekali untuk mengonsumsi sayuran ini.

Perempuan yang rutin mengonsumsi sayur ini dapat terhindar dari risiko penyakit tulang pada masa post-menopause. Untuk memiliki tulang yang lebih sehat, olah sayur kubis ini dengan cara dibuat jus atau smoothie bersama pisang, campuran buah beri, jeruk dan madu.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement