Sabtu 12 Nov 2022 08:09 WIB

Dokter Ungkap 5 Hal untuk Atasi Diare Anak

Pastikan kebutuhan cairan anak tercukupi ketika sedang diare.

Anak mengalami diare. ilustrasi
Foto:

Selanjutnya, hal lain yang perlu diperhatikan dalam penanganan diare yaitu pemberian zinc. Syahminar mengatakan obat ini dapat dibeli di apotek namun jika orang tua ragu sebaiknya berkonsultasi juga ke fasilitas kesehatan.

Zinc berguna untuk mempercepat atau memperbaiki penyembuhan saluran cerna. "Jadi dikasihnya itu selama 10 hari, dengan dosisnya untuk (usia) di bawah 6 bulan itu 10 mg, (usia) di atas 6 bulan 20 mg. Dikasihnya sekali sehari," katanya.

Prinsip lain yang tak kalah penting yaitu kecukupan nutrisi selama anak diare dan setelah anak diare. Syahminar menyarankan agar orang tua menerapkan small frequent feeding atau pemberian makan dalam porsi sedikit namun sering dalam sehari apabila nafsu makan anak berkurang.

"Kemudian pasti kan diare itu berat badannya berkurang, kita harus mengejar ketinggalannya itu sampai satu-dua minggu setelah diarenya berhenti. Jadi tetap makannya juga harus lebih sering," imbuh dia.

Prinsip selanjutnya yaitu pemberian antibiotik apabila dibutuhka. Misalnya anak keracunan makanan, bergejala buang air besar dengan lendir yang banyak atau berdarah. Syahminar menegaskan pemberian antibiotik harus melalui konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Prinsip terakhir yaitu edukasi. Syahminar menggarisbawahi pentingnya edukasi mengenai tanda-tanda diare, terutama dehidrasi yang berpotensi mengarah ke kondisi perburukan.

Orang tua harus mampu mengenali tanda-tanda bahaya tersebut sehingga penanganan lebih dini bisa dilakukan segera setelah anak dibawa ke fasilitas kesehatan.

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement