Ahad 06 Nov 2022 19:35 WIB

Ed Sheeran Alokasikan Rp 17,7 M Bantu Anak-Anak Belajar Musik

Ed Sheeran dianggap tidak pernah lupa daratan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
Penyanyi Ed Sheeran.
Foto: EPAe
Penyanyi Ed Sheeran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ed Sheeran dilaporkan telah menyumbang 1 juta poundsterling atau sekitar Rp 17,7 miliar untuk membantu anak-anak belajar musik. Dana tersebut dialokasikan ke yayasan amal Framlington Foundation Trust senilai 500 ribu pound sterling dan sisanya dialokasikan ke sekolah musik di Framlingham.

Kedermawanan pelantun “Shape of You” itu terungkap dalam akun baru yayasan amal Framlington Foundation Trust. Lewat akun tersebut ia mendonasikan hampir 500 ribu poundsterling selama lima tahun terakhir.

Baca Juga

“Ed tidak pernah lupa daratan. Ia selalu ingat perjuangannya untuk mencapai puncak karier dan pengaruh musik dalam hidupnya. Sungguh fantastis dia membantu dengan cara ini,” kata seorang sumber seperti dari Mirror, Ahad (6/11/2022).

Yayasan yang berada di bawah naungan Ed Sheeran Suffolk Music Foundation (ESSMF) tersebut diperuntukkan bagi anak-anak muda yang ingin belajar musik namun terkendala biaya. Untuk skema pembiayaan salah satunya dilakukan dengan pengajuan pendanaan, semisal untuk instrumental, ruang latihan, bahkan pertunjukkan.

Ed juga menyumbangkan dana ke departemen musik di Thomas Mills High School di Framlingham untuk melengkapi peralatan musik. Di lembaga pendidikan tersebut, Ed sempat belajar menulis lagu dan bertemu dengan sang istri Cherry Seaborn. Pada tahun 2021 sekolah menerima 30 ribu dari ESSMF.

“Ketika departemen musik dan seni tengah berada dalam kesulitan, sangat menyenangkan mengetahui bahwa siswa di sekolah ini mendapat dukungan belajar yang memungkinkan akses dan kesetaraan bagi semua siswa,” kata Direktur musik Thomas Mills High School, Richard Hanley.

“Jadi memang jelas bahwa musik dan seni adalah elemen penting dari pendidikan yang luas dan seimbang serta menjadi bagian penting dari pengalaman manusia,” tambah dia.

St Michael's di Framlingham juga menerima 17 ribu poundsterling untuk mendukung pembelajaran di ekskul club bernyanyi dan dansa bagi anak-anak berusia enam tahun ke atas.

Sementara itu, sebelumnya, Ed Sheeran dan dua rekan penulisnya menerima ganti rugi sebesar 1,1 juta dolar AS atau sekitar Rp 16,3 miliar setelah memenangkan hak cipta dari lagu “Shape of You”. Ed dituduh melakukan plagiat dan mencuri frasa Oh Why saat menggarap “Shape of You” oleh Sami Chokri dan Ross O'Donoghue.

Dalam putusannya, Hakim Zacaroli menyatakan bahwa pihak penggugat harus membayar ganti rugi kepada Ed Sheeran. “Tujuan awalnya untuk mengidentifikasi pemenang dan pecundang, dan aturan umumnya adalah pihak yang kalah harus membayar ganti rugi kepada pihak yang menang,” kata Hakim Antony Zaracoly.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement