Kamis 03 Nov 2022 20:00 WIB

Nggak Mau Stres Saat Siapkan Resepsi Pernikahan? Ini Saran Psikiater

Menyiapkan resepsi pernikahan dapat menjadi momen yang mendatangkan stres.

Model memperagakan prosesi pernikahan gaya Surakarta saat simulasi resepsi pernikahan di era Adaptasi Kebiasaan Baru di gedung Wiworo WIji Pinilih, Kota Magelang, Jawa Tengah, Senin (27/7/2020). Resepsi pernikahan dapat menjadi momen yang membuat stres calon pengantin.
Foto:

Tak hanya itu, Zulvia juga mengatakan bahwa kedua belah pihak tak perlu memaksakan diri untuk menggelar pesta besar jika tak memiliki anggaran yang besar. Tujuannya, agar tak menjadi masalah di kemudian hari yang bisa berdampak buruk terhadap kehidupan rumah tangga.

"Kita boleh punya harapan, cita-cita, tapi harus realistis. Kalau kita memaksakan diri, lalu tahu-tahu berhutang, itu akan jadi bumerang, bukannya happy malah mikirin bayar utangnya bagaimana. Meskipun memang ada hal-hal yang bisa kita upayakan karena ini sekali seumur hidup, pasti kita inginnya yang sempurna," ujar Zulvia yang juga anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Zulvia mengatakan bahwa hal yang paling penting adalah esensi dari sebuah pernikahan. Tak ada salahnya jika hanya mengundang keluarga dan sahabat-sahabat terdekat untuk merayakan momen kebahagiaan tersebut.

"Kalau memang harus dipangkas dari jumlah undangan atau dari sisi lain untuk (menyesuaikan) bujet ya enggak apa-apa, yang penting esensinya dapet," kata Zulvia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement