Kamis 03 Nov 2022 15:20 WIB

Penderita Strok Punya Peluang untuk Pulih Total, Ini Syaratnya

Periode emas pemulihan penderita strok sekitar enam bulan pertama.

Program rehabilitasi pasien strok untuk melatih berjalan dan menjaga keseimbangan. Gejala sisa akan lebih berat pada penderita strok yang terlambat mendapat pertolongan medis.
Foto:

Harapan untuk pulih dan kembali aktif, menurut dr Kurniawan, masih sangat besar jika pasien rutin mengonsumsi obat yang disarankan dan menjauhi risiko strok berulang. Di samping itu, pasien juga harus semangat menjalani rehabilitasi.

Tidak hanya untuk orang lain, dr Kurniawan juga mengatakan penting untuk mengenali gejala strok yang muncul pada diri sendiri. Segara berobat ke rumah sakit jika mengalaminya.

photo
Deteksi gejala stroke dengan metode FAST - (Republika)

Jika tidak memungkinkan, kontak ambulans untuk dirujuk ke rumah sakit yang menyediakan layanan dokter saraf dan CT scan. Dr Kurniawan mengatakan di samping mengetahui gejala dan pengobatan strok, menjaga pola hidup sehat tetap penting sebagai pencegahan.

"Jangan lupa mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetap olahraga, tidur cukup, makan makanan bergizi seimbang, dan periksakan diri jangan-jangan ada hipertensi, diabetes yang merupakan faktor risiko strok agar tidak terkena strok," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement