Rabu 02 Nov 2022 16:23 WIB

Musisi Diminta Ikut Soroti Isu Penting Permasalahan Dunia

Musisi berusaha membumikan isu besar yang diperjuangkan Indonesia di G20.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Konferensi pers konser Music20 (M20) di aula Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (1/11/2022) petang.
Foto:

M20 Summit Conference dan M20 Concert telah terselenggara pada Senin-Selasa (31/10-1/11). Kegiatan pendamping dari Presidensi G20 Indonesia tersebut melahirkan 18 poin penting pernyataan bersama mengenai perbaikan ekosistem musik dunia.

Pernyataan bersama tersebut dirumuskan oleh delegasi Indonesia beserta delegasi negara-negara G20 dan negara undangan G20. Banyak pihak memberikan aspirasi yang kemudian diserap, dikurasi, dan dirangkum dalam bahasa yang lebih universal.

Deretan poin tersebut telah dibacakan oleh para musisi Indonesia pada akhir acara konser M20. Beberapa poin yang digaungkan lewat M20, yakni mendorong informasi digital dalam industri musik yang adil dan inklusif, kesejahteraan musisi dan pekerja ekonomi kreatif, dan akses yang lebih baik di industri musik.

Mereka juga merekomendasikan pengarusutamaan pembelajaran musik dan mempromosikan konser rendah emisi dan ramah masyarakat. Selain itu, mereka juga ingin menjadikan musik sebagai platform untuk mendorong perdamaian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement