Jumat 28 Oct 2022 05:00 WIB

Sudah Divaksinasi Lengkap, 69 Persen Orang yang Kena Covid-19 Alami Cephalgia

Cephalgia muncul tiga-lima hari setelah kena Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit kepala alias cephalgia (Ilustrasi). Rasa sakit kepala yang muncul pada kasus Covid-19 juga memiliki ciri yang cukup khas.
Foto:

Kemunculan sakit kepala juga kerap disertai dengan beberapa gejala Covid-19 lain. Sebagian dari gejala tersebut adalah sakit tenggorokan, demam, nyeri otot, batuk persisten, serta pening.

photo
Gejala Covid-19 pada orang yang sudah divaksinasi. - (Republika)

Selain sakit kepala, ada empat gejala Covid-19 lain yang umum ditemukan pada pasien Covid yang sudah divaksinasi lengkap. Keempat gejala tersebut adalah nyeri tenggorokan, hidung beringus, hidung tersumbat, dan batuk berkepanjangan.

Sejak pertama kali ditemukan di Wuhan, China hingga saat ini, tren gejala Covid-19 terus mengalami perubahan. Selain dipicu oleh hadirmya varian-varian baru SARS-CoV-2, perubahan tren ini juga didorong oleh vaksinasi Covid-19 yang semakin luas. Luasnya cakupan vaksinasi ini membuat gejala Covid-19 yang muncul semakin ringan dibandingkan sebelumnya.

 

Vaksinasi juga membuat durasi kemunculan gejala Covid-19 menjadi lebih cepat. Dengan kata lain, orang-orang yang sudah divaksinasi dan terkena Covid-19 cenderung mengalami gejala yang lebih ringan dan mampu membaik dengan lebih cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement