Selasa 25 Oct 2022 19:48 WIB

Kanker Payudara Triple Negatif Termasuk Penyakit yang Sangat Kompleks, Gejalanya Apa Saja?

Imunoterapi menjadi harapan baru bagi penderita kanker payudara triple negatif.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Mamografi (Ilustrasi). Untuk mendiagnosis kanker payudara triple negatif diperlukan pemeriksaan payudara dengan mammografi .
Foto:

Setelah diagnosis ditegakkan, selanjutnya pasien akan menjalani biopsi untuk mengambil sampel sel yang mencurigakan dari payudara untuk dianalisis. Jenis utama pengobatan melawan TNBC termasuk operasi, kemoterapi, radiasi, dan imunoterapi.

"TNBC memiliki kemungkinan tinggi kekambuhan penyakit dan perkembangan penyakit yang cepat meskipun dilakukan pengobatan sistemik yang memadai," ujar Prof Noorwati.

Prof Noorwati menjelaskan imunoterapi merupakan pilihan baru dalam penanganan penyakit TNBC yang ganas ini. Sebab, imunoterapi dapat menahan perkembangan kanker dan mempertahankan kelangsungan hidup sehingga memberikan harapan baru bagi pasien.

Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk seseorang dengan TNBC yang belum menyebar di luar payudara adalah 91 persen. Sementara kanker yang telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau daerah terdekat, tingkat kelangsungan hidup lima tahun adalah 65 persen. Sedangkan kanker yang metastasis seperti ke tulang, paru-paru atau hati, kelangsungan hidup adalah 11 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement