Ahad 16 Oct 2022 19:29 WIB

Dokter Ungkap Obat Baru yang Menjanjikan untuk Kolesterol Tinggi

Ada harapan baru bagi penderita kolesterol tinggi yang tak bisa minum statin.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Obat kolesterol (Ilustrasi). Ada kalanya obat statin tak bisa digunakan atau tidak cukup bagi sebagian pasien kolesterol. Dalam situasi seperti ini, penggunaan obat PCSK9 inhibitors bisa menjadi solusi.
Foto:

Di sisi lain, PCSK9 inhibitors bisa lebih bermanfaat bagi sebagian pasien kolesterol tinggi. Salah satunya adalah pasien kolesterol tinggi yang dipengaruhi oleh faktor genetik ,yaitu familial hypercholesterolemia. Pada sebagian besar kasus seperti ini, statin dalam dosis tertinggi pun tidak dapat menurunkan kadar kolesterol LDL ke rentang yang normal.

PCSK9 inhibitors juga direkomendasikan bagi pasien kolesterol tinggi yang mengidap penyakit jantung. PCSK9 inhibitors pun dapat menjadi alternatif bagi pasien kolesterol tinggi yang tak mendapatkan manfaat optimal dari statin atau tidak bisa mengonsumsi statin.

photo
Kolesterol. - (Republika)

"FDA hanya mengizinkan penggunaan alirocumab dan evolocumab untuk orang-orang dengan genetik kolesterol tinggi atau orang-orang dengan penyakit jantung serius," ujar WebMD.

PCSK9 inhibitors disuntikkan kepada pasien setiap dua hingga empat pekan sekali. Injeksi ini bisa diberikan di area lengan atas, perut, atau paha atas. Dokter biasanya akan mengajarkan pasien cara menyuntikkan PCSK9 inhibitors yang benar. Injeksi ini bisa diberikan dengan mudah dan hanya memunculkan sedikit rasa sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement