Sabtu 15 Oct 2022 17:37 WIB

Lelang Tanaman Unik Berharga Ratusan Juta Ramaikan Ajang FLOII Convex 2022

Selain pameran, FLOII Convex 2022 juga diisi dengan kontes tanaman hias.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengunjungi Ajang Floriculture Indonesia International (FLOII) Convex 2022 yang dihelat di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Sabtu (15/10).
Foto: dok
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengunjungi Ajang Floriculture Indonesia International (FLOII) Convex 2022 yang dihelat di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Sabtu (15/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Ajang Floriculture Indonesia International (FLOII) Convex 2022 yang dihelat di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Sabtu (15/10),  diramaikan dengan lelang aneka tanaman hias langka dan unik.  Salah satu jenis tanaman hias langka berharga fantastis yang ditawarkan pada ajang lelang itu adalah jenis keluarga Anthurium. Tanaman hias milik Arif itu dibuka dengan harga penawaran mencapai Rp 135 juta. 

Tanaman yang harganya menyamai harga kendaraan roda empat itu merupakan hasil persilangan dari Anthurium clarinervium dengan Forgetii yang sudah berusia 10 tahun. Dalam ajang FLOII Convex 2022 juga dilelang tanaman unik lainnya yang dibuka dengan harga penawaran Rp 120 juta.

Tak hanya tanaman yang harganya ratusan juta rupiah, dalam ajang FLOII Convex 2022 ini juga menampilkan pelelangan tanaman dengan harga ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Sebut saja, misalnya salah satu tanaman yang merupakan cycad dari Afrika Selatan yang sebelumnya sempat dianggap punah di alam. Tanaman unik ini dilelang di harga pembuka Rp 70 juta.

Selain pameran, FLOII Convex 2022 juga diisi dengan kontes tanaman hias yang dihadiri oleh Guest Judge, Kunzo Nishihata dari Jepang, dan Irene Chen salah seorang Youtuber Plant & Garden dari Malaysia. Menurut Kunzo, sebagai penghobi ia kerap mengunjungi sejumlah negara termasuk Indonesia untuk memburu tanaman hias yang unik nan langka, semisal White Monster. 

“Saya senang, kalau banyak petani Indonesia yang terbantukan selama ini.  Motivasi saya dalam memburu tanaman berdasarkan kesukaannya terhadap suatu tanaman serta bisa hidup berdampingan bersama tanaman hias,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (15/10/2022).

Kunjungan Menteri Koperasi dan UKM

Dalam kunjungannya ke lokasi pameran di hari kedua, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan, perkembangan industri tanaman hias belakangan ini sudah cukup menggairahkan baik di pasar domestik maupun pasar global. Namun, kata dia, perlu waktu dan dukungan berbagai pihak dalam membangun ekosistem sehingga ke depan pengusaha asal Indonesia bisa meningkatkan daya saingnya. Salah satunya, kehadiran platform digital untuk mengakselerasi koneksi antara petani dengan pembelinya.  

"Acaranya keren banget. Saya rasa dari kurasinya bagus. Saya melihat dalam FLOII Convex 2022 ini banyak varietas baru hasil silangan-silangan yang menurut saya luar biasa.  Bahkan, saya bisa mengatakan kita sudah di atas Thailand dan tinggal bagaimana cara komersialisasinya. Kita harus leading, baik dari segi volume, maupun varietasnya. Tanaman hias ini yang paling banyak membuka peluang bagi usaha keluarga ataupun perorangan, dan butuh agregatornya misalnya untuk mendorong masuk ke dalam negeri maupun ke luar,” ujar Teten.  

Dalam kunjungannya itu, Teten sempat singgah di salah satu booth pameran yang memamerkan tanaman dari famili Anthurium. Selain itu, Teten juga mengapresiasi penyelenggaraan kontes tanaman yang bisa memperkaya wawasan khalayak mengenai ragam tanaman hias di Indonesia. “Saya hobiis (tanaman hias). Tapi sudah lama vakum, sekitar 10 tahun, karena ngurus politik,” ujar Teten sembari tersenyum.

Perhelatan FLOII Convex 2022 yang bertempat di Hall A JCC ini berlangsung pada 14-16 Oktober 2022, dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Tak hanya pameran, pengunjung juga bisa mengikuti konferensi, kontes tanaman, kontes fotografi, hingga kegiatan sosial. Tentu saja ajang ini sekaligus mempertemukan pembeli dengan penjual tanaman hias secara langsung. 

Pengunjung yang hadir juga berkesempatan mendapatkan banyak hadiah dengan mengikuti kontes sosial media dan undian tiket. Pengunjung yang hadir dapat mengikuti Kontes Plant Photo dengan membuat konten tanaman yang ada pada kegiatan exhibition FLOII. Pemenang dengan jumlah like terbanyak bisa mendapatkan hadiah uang tunai. Undian juga dilakukan kepada pemenang yang beruntung yang bisa mendapatkan tanaman hias dari FLOII. 

Untuk tiket masuk, pengunjung bisa memperolehnya melalui platform PosPay atau melalui website floii-convex.com. Pengunjung dapat membeli tiket seharga Rp 20 ribu.

sumber : Siaran Pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement