Ahad 16 Oct 2022 10:56 WIB

Kontes Tanaman dan Diskon Istimewa Meriahkan Hari Terakhir FLOII Convex 2022 

Pameran ini menampilkan koleksi tanaman unik dan langka dari Indonesia dan dunia.

Pecinta tanaman mengunjungi pameran dan konvensi, Floriculture Indonesia International (FLOII) Convex 2022 di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (15/10). FLOII Convex 2022 berlangsung pada 14-16 Oktober 2022.
Foto: dok
Pecinta tanaman mengunjungi pameran dan konvensi, Floriculture Indonesia International (FLOII) Convex 2022 di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (15/10). FLOII Convex 2022 berlangsung pada 14-16 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Pameran dan konvensi, Floriculture Indonesia International (FLOII) Convex 2022 di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, memasuki hari terakhir. Pameran tanaman terbaik di Indonesia yang berlangsung pada 14-16 Oktober itu menghadirkan koleksi tanaman unik, keren dan langka yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan dunia.

“Dan, di hari pameran terakhir, Minggu (16/10), ini ada diskon istimewa untuk masyarakat,” ujar  Rustika Herlambang, pecinta tanaman yang menjadi Steering Committee FLOII Convex 2022 dalam siaran persnya kepada Republika.co.id, Ahad (16/10/2020).  Menurut dia, diskon istimewa itu ditawarkan kepada para pengunjung  yang ingin memiliki aneka ragam tanaman yang sedang tren seperti tipe Aglonema, Anthurium, Philodendron, Monstera variegata dari berbagai negara. Hingga tanaman karnivor yang lagi tren dan menjadi gaya hidup baru anak muda. 

Tak hanya diskon istimewa, hari terakhir perhelatan FLOII Covex 2022 juga akan dimeriahkan dengan kontes tanaman hias pada Ahad sore ini.  Kontes tanaman yang itu terdiri dari berbagai kategori yaitu Aroid, Platycerium, Aglaonema, dan Sansevieria. Deretan tanaman hias yang cantik dan indah menghiasi area display kontes tanaman. 

“Yang lebih istimewa, acara kontes tanaman ini akan dihadiri oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.  Kehadiran Pak Menteri  juga dalam rangka mendukung gelaran FLOII Convex yang didukung oleh Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Hortikultura,”  ungkap Rustika. 

Menteri Pertanian akan mengunjungi display kontes tanaman hias yang akan memamerkan koleksi dari para peserta kontes. Para peserta yang mengikuti kontes tanaman berkesempatan untuk memenangkan total hadiah senilai  Rp 300 juta. FLOII Convex 2022 diselenggarakan oleh Perhimpunan Florikultura Indonesia (PFI) dan Indonesian Aroid Society (IAS) bekerja sama dengan QUAD Event. 

Perhelatan FLOII Convex 2022 terbilang istimewa karena mendapat kunjungan khusus dari tiga menteri dari Kabinet Indonesia Maju. Pada hari pertama (14/10/2022/, pameran tanaman tersebut mendapat kunjungan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini.  Pada hari kedua (15/10/2022), FLOII Convex 2022 kedatangan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.  Dan di hari terakhir, Mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan hadir di ajang pameran. 

Menurut Rustika, FLOII Convex 2022 juga memamerkan tanaman karnivora yang sedang tren dan menjadi gaya hidup anak muda.  Tanaman keluarga karnivorus (carnivorous plants atau pemakan serangga) saat ini sedang digemari kalangan anak muda. Tanaman ini termasuk tanaman berbunga yang memangsa hewan untuk mendapatkan nutrisi dari tubuhnya. Jenis hewan yang dimangsa, antara lain serangga, laba-laba, atau dari golongan Crustacea. Tanaman karnivora melakukan trik ini menggunakan daun khusus yang berfungsi sebagai perangkap. Tanaman karnivora yang ada di FLOII Convex antara lain venus flytrap dan lili kobra. 


“Di FLOII banyak pilihan tanaman hias yang dapat segera dimiliki. Harga juga bervariasi dan terjangkau. Ada harga mulai dari Rp 75 ribu, Rp 100 ribu hingga tanaman yang bernilai ratusan juta rupiah. Di hari terakhir ini para booth juga menawarkan diskon-diskon spesial yang sayang untuk dilewatkan,” ujar Rustika.

Selain pengunjung domestik, ajang FLOII Convex juga diminati oleh pengunjung mancanegara dengan kehadiran buyers internasional dari beberapa negara, seperti Malaysia dan Filipina. FLOII Convex juga turut dihadiri oleh Japanese Plant Enthusiast, Kunzo Nishihata, dan Irene Chan seorang Youtuber plant and garden dari Malaysia. 

FLOII Convex juga diminati oleh beberapa selebriti Tanah Air, seperti Titi Kamal, Ajis Gagap, Fardan Khan dan Mikaila Patritz. Ketertarikan dan minat mereka terhadap tanaman hias mendorong mereka untuk hadir ke FLOII Convex dan membawa pulang tanaman-tanaman cantik untuk menambah koleksi. 

“Aku tuh udah excited banget kalau soal tanaman. Jadi begitu dengar ada FLOII Convex aku tertarik untuk datang. Di sini banyak banget tanamannya lucu-lucu. Jadi bisa langsung datang aja ke FLOII Convex di JCC,” ungkap Titi Kamal. 

FLOII Convex 2022 yang bertempat di Hall A JCC ini dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Tak hanya pameran, pengunjung juga bisa mengikuti talkshow dan workshop yang ada di Main Stage. Tentu saja ajang ini sekaligus mempertemukan pembeli dengan penjual tanaman hias secara langsung. 

Pengunjung yang hadir juga berkesempatan mendapatkan banyak hadiah dengan mengikuti kontes sosial media dan undian tiket. Pengunjung yang hadir dapat mengikuti Kontes Plant Photo dengan membuat konten tanaman yang ada pada kegiatan exhibition FLOII. Pemenang dengan jumlah like terbanyak bisa mendapatkan hadiah uang tunai dengan total senilai 2 juta rupiah. Tiket masuk pengunjung juga akan diundi dan pemenang yang beruntung yang bisa mendapatkan tanaman hias dari FLOII. 

 

sumber : Siaran Pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement