Senin 10 Oct 2022 18:53 WIB

Cemas Berlebih-Sulit Tidur Tanda Masalah Kesehatan Jiwa, Jangan Bikin Diagnosis Sendiri

Orang tidak bisa mendiagnosis dirinya sendiri saat alami masalah kesehatan jiwa.

Perempuan depresi (Ilustrasi). Orang perlu berkonsultasi dengan profesional jika mengalami perubahan yang tak biasa baik dalam pikiran, perasaan, maupun perilakunya, yang mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari.
Foto:

Diagnosis gangguan kesehatan jiwa, menurut Dian, di antaranya ditegakkan berdasarkan gejala yang ada, onset atau awal munculnya gejala, dan durasi. Dalam hal ini, peran profesional sangat dibutuhkan untuk melakukan pemeriksaan dan seseorang tak bisa mendiagnosis dirinya sendiri.

"Misalnya, episode depresi itu apa sih? Kalau sudah memenuhi tanda atau kriteria diagnosis penyakit depresi sudah dua pekan, jadi enggak semata-mata sedih langsung dibilang depresi, makanya perlu pemeriksaan dulu," katanya.

Dalam hal skizofrenia, menurut Dian, yang terganggu adalah lima panca indra. Gangguan itu tidak memiliki sumber, tapi penderita mendengar suara-suara atau melihat sesuatu.

"Tapi dia harus memenuhi onset dan durasi, misalnya, sudah lebih dari satu bulan, bisa jadi termasuk skizofrenia," kata Dian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement